Share

8 Ide Dekorasi Ruang Tamu Cantik Super Cozy dan Menarik

Modern Enthusiast · 03 April 2024

Ruang tamu merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah rumah yang kerap dijadikan pusat perhatian. Oleh karena itu, menghias ruang tamu dengan dekorasi yang cantik dan menarik menjadi hal yang sangat diimpikan bagi banyak orang. Dari konsep minimalis hingga gaya vintage, pembahasan kali ini akan menyajikan beragam ide dekorasi ruang tamu yang dapat menghadirkan suasana super cozy dan memikat hati seluruh penghuni rumah. Yuk, simak!

Dekorasi Ruang Tamu yang Cantik dan Menarik

1. Model Minimalis Sederhana

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Sederhana

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Sederhana | Gambar: Ik.Imagekit.io

Seperti yang dipahami bahwa ruang tamu merupakan wajah utama dari rumah dan paling sering di dekorasi. Tujuannya tentu saja untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung atau tamu yang datang. Inspirasi desain pertama yang bisa diterapkan yaitu model minimalis sederhana dengan efek tampilan ruangan lebih luas dan lega.

Untuk konsep ruangan yang satu ini tentunya mengutamakan nilai fungsionalitas dan juga efisiensi dengan tampilan memukau. Contoh penerapan ruang tamu minimalis sederhana ini yaitu dengan menambahkan jendela berukuran besar untuk memperlancar sirkulasi udara dan juga pencahayaan. Apakah Kamu tertarik untuk menerapkan desain ruang tamu yang sangat menarik ini?

2. Model Minimalis Elegan

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Elegan | Gambar: 99.co

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Elegan | Gambar: 99.co

Jika dipertimbangkan secara visual, tentu ruangan dengan konsep elegan mampu memberikan ketenangan dan kenyamanan. Kamu bisa menerapkan desain ruangan minimalis elegan untuk ruang tamu di rumah untuk memberikan kesan yang stylish, mewah dan berkelas. Konsep ini biasanya didukung dengan penggunaan car berwarna gelap.

Selain itu, Kamu bisa menambahkan beberapa furniture menarik seperti lukisan, pot, standing lamp, tanaman hias dan sebagainya. Keberadaan furniture tersebut mampu membuat ruangan menjadi terkesan timeless. Untuk memberikan kesan mewah pada ruangan, Kamu tidak perlu memberi selalu membeli produk dengan harga mahal.

3. Model Minimalis Modern

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Modern | Gambar: Io.wp.com

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Modern | Gambar: Io.wp.com

Tema dekorasi ruang tamu cantik ini sangat cocok dijadikan sebagai pilihan terbaik dalam menciptakan ruangan yang tertata dan nyaman. Setiap ornamen yang diberikan mampu menarik perhatian meskipun diberikan dalam jumlah sedikit. Pemilihan warna yang terbaik untuk desain ruangan ini yaitu warna-warna netral di setiap interior dan juga furniture.

Untuk penataan ruangan dengan gaya minimalis modern ini juga cukup simple seperti menambahkan karpet putih dengan corak yang tidak terlalu ramai, dinding kaca, tanaman di sudut ruangan dan juga rak buku berbentuk vertikal. Kombinasi furniture tersebut mampu memberikan kesan modern pada ruangan meskipun tidak dilengkapi banyak ornamen hiasan.

Baca Juga! Jenis-Jenis Furniture Ruang Tamu yang Bikin Makin Nyaman

4. Model Industrial

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Industrial
Ruang Tamu Model Industrial

Tidak jarang ditemukan desain ruang tamu dengan gaya industrial yang diterapkan di dalam rumah. Jenis konsep desain ruangan ini sangat cocok dijadikan pilihan bagi Kamu yang menyukai kesan maskulin pada ruangan. Salah satu ciri dari desain industrial ini umumnya memiliki struktur atap yang terekspos dan dibiarkan terbuka, lantai beton dan juga dinding unfinished tanpa cat.

Untuk memperkuat kesan industrialnya, Kamu bisa melengkapi desain interiornya dengan menggunakan warna-warna gelap atau monokromik agar terkesan gloomy. Kesan ini bisa didapatkan dengan menggunakan furniture seperti sofa berwarna abu-abu, meja kayu tanpa plitur dan banyak lainnya. Mengikuti gambar di atas bisa dijadikan referensi terbaiknya!

5. Model Vintage

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Vintage

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Vintage | Gambar: Aristasg.com

Apabila ingin menciptakan desain ruangan yang unik dan menarik maka Kamu bisa mencoba desain ruangan model vintage ini. Gaya vintage dianggap sangat cocok digunakan untuk area depan hunian karena mampu memberikan ruang transisi antara ruang privat dan publik. Selain itu, tampilan ruangan akan terlihat berbeda dengan lainnya.

Tips menerapkan desain ruang tamu cantik bergaya vintage ini yaitu dengan menggunakan warna earth tone di bagian dinding rumah, furniture ruangan dan juga lantai. Memperbanyak furniture jadul dan juga antik akan membantu memperkuat nuansa vintage pada ruang tamu. Pastikan penggunaan furniture yang diterapkan tidak terlalu padat.

6. Model Minimalis Mewah

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Mewah | Gambar: Disway.com

Dekorasi Ruang Tamu Model Minimalis Mewah | Gambar: Disway.com

Desain ruang tamu menarik lainnya yang bisa diterapkan yaitu bergaya minimalis modern. Untuk bisa menciptakan kesan mewah pada ruangan, Kamu tidak perlu menggunakan furniture-furniture berharga mahal. Pemilihan produk dengan warna putih, gold membuat ruangan terlihat sangat mewah. Aksen wall moulding pada dinding juga bisa membantu merapatkan desain ruangan ini.

Kemudian, pada bagian plafonnya bisa dibuat bertingkat up ceiling sehingga membuatnya terkesan lebih tinggi. Kesan mewah ini sangat mudah diciptakan dan kuncinya terletak pada plafon serta dekorasi dindingnya. Penerapan desain ruang tamu ini mampu membuat ruangan terlihat begitu berkesan sehingga tamu menjadi lebih betah untuk berlama-lama.

Ruangan yang terlihat mewah tentunya mampu membuat siapa saja merasa terkesan dengan pesonanya. Tata letak juga menjadi salah satu pertimbangan yang tidak boleh terabaikan. Jika Kau salah dalam menentukan peletakan furniture maka ruangan justru terlihat berantakan dan tidak beraturan.

7. Bernuansa Biru Pastel

Dekorasi Ruang Tamu Model Bernuansa Biru Pastel

Dekorasi Ruang Tamu Model Bernuansa Biru Pastel | Gambar: Blibli.com

Untuk jenis desain ruang berikutnya yang cocok diterapkan yaitu bernuansa biru pastel. Warna biru ini mampu memberikan kesan menyenangkan dan juga keceriaan. Bahkan warna ini juga sedang banyak digemari untuk dekorasi kekinian. Ilusi warna cerahnya mampu memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas dan nyaman untuk bertemu orang.

Menciptakan suasana yang seimbang bisa dilakukan dengan menggunakan sofa berwarna netral dan menambahkan hiasan berwarna putih beraksen kayu. Kemudian untuk bagian bawahnya bisa ditambahkan dengan karpet untuk menambahkan kesan elegan. Kegembiraan dan keceriaan akan terpancar dari ruang tamu sehingga memberikan kenyamanan.

8. Bernuansa Kuning

Dekorasi Ruang Tamu Model Bernuansa Kuning

Dekorasi Ruang Tamu Model Bernuansa Kuning | Gambar: Idntimes.com

Kesan keceriaan sangat bisa diwujudkan dengan mudah ada ruang tamu. Kamu bisa mencoba menerapkan ruang tamu menarik bernuansa kuning. Warna yang satu ini mampu membuat ruangan terlihat lebih cerah dan ceria. Jika ukuran ruang tamu tidak terlalu luas, pemilihan warna ini mampu membuat ruangan terkesan lebih lebar dan nyaman.

Warna kuning ini sangat cantik ketika dipadukan dengan furniture putih. Kamu juga bisa menambahkan beberapa hiasan cantik dan juga tanaman hias di sudut ruangan. Selain perpaduan warna putih dan kuning, Kamu bisa menambahkan beberapa furniture berwarna abu-abu untuk menambah kesan estetik pada ruangan. Desain ruang tamu cantik ini sedang banyak digemari untuk mewujudkan kesan keceriaan.

Dengan memilih salah satu dari beragam konsep dekorasi ruang tamu yang telah disajikan, kamu dapat menciptakan suasana yang cantik dan memikat di dalam rumah. Dengan perpaduan warna, furniture yang tepat, dan sentuhan dekoratif yang sesuai, ruang tamu kamu akan menjadi tempat yang super cozy dan menarik bagi siapa pun. Tidak lengkap jika kamu tidak melengkapi berbagai furniture seperti meja tamu, kursi plastik, sofa dan tempat penyimpanan dari Olymplast.

authorModern Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Hariz Nur Rohmad