Share

6 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis, Luas dan Semakin Betah

Furniture Enthusiast · 27 Agustus 2024

Dalam pembangunan sebuah rumah, ruangan yang dapat sorotan utama mungkin kamar tidur, ruang tamu, dan ruangan sejenisnya. Tak jarang kamar mandi jadi hal paling belakangan yang dipertimbangkan desainnya. Padahal, kamar mandi salah satu ruangan yang penting. Untuk merancang desain kamar mandi yang bikin betah, kamu harus dipikiran secara matang.

Salah satu konsep yang bisa diterapkan ialah desain kamar mandi minimalis. Selain banyak diminati, konsep minimalis ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah minimalis juga. Konsep minimalis juga cenderung menciptakan kesan clean karena pemilihan warnanya cenderung warna-warna netral. Berikut beberapa inspirasinya buat kamu.

Serba Putih

Desain Kamar Mandi Minimalis Tema Industrial
Desain Kamar Mandi Minimalis Serba Putih | Gambar: Livspace.com

Warna putih akan selalu menjadi pilihan untuk ruangan berkonsep minimalis. Bisa dilihat, warna serba putih pada desain kamar mandi minimalis di atas, terkesan lebih bersih bukan? Tapi, penggunaan warna putih juga memerlukan perawatan yang ekstra tentunya. Soalnya warna putih pasti akan lebih mudah kotor.

Agar terlihat lebih cantik, kamu juga bisa menggunakan material kaca pada beberapa bagian kamar mandi. Seperti penggunaan sekat yang ada di antara shower dan kloset. Kamu juga bisa menambahkan dekorasi tanaman hias ataupun wall decor di dekat wastafel agar ruangan tidak terlihat kosong. 

Penggunaan Aksen Kayu

Desain Kamar Mandi Minimalis Aksen Kayu
Desain Kamar Mandi Minimalis Aksen Kayu | Gambar: Livspace.com

Kamu pencinta konsep natural? Nah, desain kamar mandi minimalis kali ini bakalan jadi ide yang bagus buat kamu. Pemilihan warna cream yang dominan dan tanpa sekat membuat kamar mandi yang sempit terlihat luas. Untuk kamu yang kurang PD menggunakan warna pure putih, cream bisa jadi opsi buat kamu.

Jika kamu rasa masih terlalu sederhana, maka kamu bisa memilih keramik motif roman pada sisi dinding sebelah kanan. Motif pola dan warna yang beragam akan membuat kamar mandi semakin estetik dan elegan. Adanya aksen kayu pada kabinet juga menjadi kombinasi warna yang pas untuk menciptakan kesan natural.

Tema Japandi

Desain Kamar Mandi Minimalis Tema Japandi
Desain Kamar Mandi Minimalis Tema Japandi | Gambar: Livspace.com

Ruangan dengan konsep Japandi sudah sangat populer sejak tahun 2021. Gabungan antara gaya minimalis ala Jepang dan gaya Skandinavia ini amat diminati oleh banyak orang. Konsep ini juga bisa jadi ide desain kamar mandi minimalis impian untuk kamu yang bosan dengan gaya yang terlalu biasa dan warna-warna putih.

Namun tentu kamu masih bisa mengombinasikan warna netral seperti warna putih pada dinding luar. Tapi, jangan lupa untuk menggabungkannya dengan warna kontras seperti hijau pada dinding tempat shower. Bisa kamu tambahkan juga dekorasi seperti lampu gantung ataupun tanaman hias untuk mempercantik ruangan.

Baca Juga! 7+ Inspirasi Desain Kamar Mandi Menggunakan Marmer Elegan & Mewah

Warna Cream Cantik

Desain Kamar Mandi Minimalis Cream Cantik
Desain Kamar Mandi Minimalis Cream Cantik | Gambar: Livspace.com

Warna cream mampu menjadikan ruangan terlihat lebih terang dan hangat. Tambahkan jendela yang cukup besar dengan tujuan menghemat penggunaan cahaya lampu. Cahaya alami yang masuk akan menghadirkan kesan berbeda tersendiri.

Motif geometri pada keramik dinding kamar mandi juga semakin membuat kesan elegan. Warna keramik bisa diselaraskan dengan konsep cream yang digunakan. Lalu, untuk penyimpanan alat-alat mandi, bisa kamu pasang rak pada sisi sudut ruangan sehingga tertata rapi. Tidak lupa, beri dekorasi tanaman hias dan pewangi ruangan agar semakin nyaman. 

Minimalis dengan Bathtub

Desain Kamar Mandi Minimalis dengan Bathtub
Desain Kamar Mandi Minimalis dengan Bathtub | Gambar: Livspace.com

Konsep desain kamar mandi minimalis bisa juga terlihat modern dengan menempatkan bathtub di dalamnya. Bentuk bathtub oval yang digunakan pada konsep ini memiliki tampilan yang modern karena tidak menempel rapi dengan dinding. Bathtub oval juga membuat berendam lebih bebas.

Supaya tidak terlalu monoton, kamu bisa menambahkan aksen alam, seperti penggunaan material kayu pada alas bathtub dan sebagian dinding kamar mandi. Sehingga membuat nyaman saat berada di dalamnya. Polet warna gold pada furnitur lain juga menambah unik tampilan kamar mandi.

Tidak hanya untuk desain eksterior saja, kini tema industrial populer sampai ke dalam ruangan rumah. Termasuk area kamar mandi. Tema ini juga bisa menjadi inspirasi desain kamar mandi minimalis yang sangat menarik untukmu. 

Tampilan semen ekspos yang terlihat belum selesai, dilengkapi dengan dekorasi kayu dan logam menjadikannya terlihat unik dan memiliki taste-nya sendiri. Kamu juga tidak perlu menambah dekorasi yang berlebihan, cukup dengan tanaman hias dan pewangi ruangan saja. 

Itulah 6 ide desain kamar mandi minimalis yang bisa menjadi inspirasi kamu, untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman dan estetik. Sudahkah kamu menentukan desain mana yang mau dipakai? Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat  kamar mandi minimalis salah satunya dengan memaksimalkan fungsi interior kamar mandi.

Hal ini dimaksudkan, agar tidak terlalu memakan banyak lahan. Usahakan juga menggunakan sebanyak mungkin cahaya alami, untuk penerangan di pagi dan siang hari. Jangan lupa gunakan warna netral agar kamar mandi terlihat luas. Untuk lebih maksimal lagi, kamu bisa melengkapi furniture di luar kamar mandi dengan tempat baju dan rak serbaguna dari Olymplast.

authorFurniture Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Furniture Enthusiast