Share

10 Warna Cat Ruang Tamu agar Terlihat Mewah dan Elegan

Bagas Pambudiantono · 19 Juni 2024

Memilih warna cat yang tepat untuk ruang tamu adalah langkah penting untuk menciptakan suasana yang mewah dan elegan di rumah. Warna tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetis, tetapi juga mempengaruhi mood dan kesan keseluruhan dari ruang tersebut. Dengan pemilihan warna yang cermat, ruang tamu kamu bisa tampak lebih luas, hangat, dan tentunya memberikan kesan yang tak terlupakan bagi setiap tamu yang berkunjung. Yuk, simak inspirasinya dan temukan warna yang paling cocok untuk ruang tamu impian!

1. Warna Cat Ruang Tamu Abu

Warna Cat Ruang Tamu Abu
Warna Cat Ruang Tamu Abu | Gambar: Pexel.com

Warna abu berada di antara hitam dan putih. Tidak terlalu gelap atau tidak terlalu terang. Alhasil, warna kelam yang bersifat dingin ini cocok untuk hunian mewah bertema monochrome atau kekinian. Meski sedikit gelap, abu bisa tampak lebih soft saat perpaduannya tepat. Seperti penggunaan aksen kayu yang lembut.

Biasanya kamu juga bisa kombinasikan dengan warna hangat seperti cream agar tidak terlalu gelap. Kesan mewah dari warna abu ini juga bisa dimaksimalkan saat kamu pilih furniture dengan warna analog atau mirip, seperti abu gelap, abu cerah, bahkan putih. Agar tidak terlalu bosan, mainkan juga motif atau corak tips untuk satu sisi tembok atau karpet.

2. Warna Cat Ruang Tamu Biru

Warna Cat Ruang Tamu Biru
Warna Cat Ruang Tamu Biru | Gambar: Pexel.com

Kesan biru yang luks, kaya, atau mewah ini umumnya digunakan untuk memberikan tampilan bak kerajaan. Bahkan sering kali dikombinasikan dengan warna emas, kuning, atau silver yang sama sama memberikan efek gaya mewah. Biru sendiri ada banyak macamnya, kamu bisa pilih biru muda, biru navy, biru kehijauan dan lain lain.

Tinggal pilih saja sesuai dengan kesan yang mau kamu dapatkan. Perlu diingat, biru itu cenderung maskulin dengan stereotype warna pria. Tapi kamu juga bisa ubah menjadi lebih feminin dengan warna yang lebih cerah, kombinasikan dengan warna pastel cantik. Agar tampak lebih wah lagi, pertimbangkan pilihan dekorasi dan furniture yang pas dengan tema.

3. Warna Cat Ruang Tamu Burgundy

Warna Cat Ruang Tamu Burgundy
Warna Cat Ruang Tamu Burgundy | Gambar: Pexel.com

Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah ini cukup fleksibel. Warna dasarnya adalah ungu, tapi burgundy tampak lebih gelap seperti warna wine. Seperti gambar yang diberikan, warna burgundy ini pas banget dengan emas yang mana keduanya punya nuansa mewah. Untuk pengimbang kamu bisa pakai warna netral seperti hitam atau putih.

Kombinasi warna ini cocok banget untuk ruang tamu yang juga dilengkapi dengan perabotan bertema sama. Yang dimaksud adalah pilih furniture seperti sofa, tirai, atau dekorasi yang desainnya mewah juga. Seperti sofa single seater berbahan kain beludru, dekorasi vas bunga unik, gorden tinggi, dan hiasan dinding yang cantik.

4. Warna Cat Ruang Tamu Coklat

Warna Cat Ruang Tamu Coklat
Warna Cat Ruang Tamu Coklat | Gambar: Pexel.com

Coklat mungkin jadi warna yang paling mainstream. Tapi untuk membuat ruang tamu tampak mewah, pertimbangkan pilihan furniture, kombinasi warna, dan motifnya. Di gambar ini kamu bisa lihat kalau dominan coklatnya pun tidak sama. Ada yang menggunakan corak kotak, motif garis, kayu, bahkan polosan.

Nuansa buminya sangat kental, jadi berkesan hangat. Bermain shade atau variasi warna bakal jadi kuncinya. Kamu bisa gunakan warna gelap untuk tembok, kemudian gunakan warna cerah untuk tempat duduk. Jangan lupa untuk gunakan lampu dengan warna hangat, kuning, agar kesan homey-nya semakin melekat.

Baca Juga ! Ide Cat Kamar Tidur Anak Kecil 2 Warna, Simpel Dan Bikin Nyaman

5. Warna Cat Ruang Tamu Cream

Warna Cat Ruang Tamu Cream
Warna Cat Ruang Tamu Cream | Gambar: Pexel.com

Ingin kesan yang lebih muda? Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah ini bisa jadi pilihan. Cream punya kesan lembut dan hangat bergantung dengan pasangannya. Di sini, warna krim dipadukan dengan warna emas untuk kesan mewah. Pink atau warna pastel dipilih untuk perabotan agar seluruh ruangan tidak tampak terlalu pucat.

6. Warna Cat Ruang Tamu Gold

Warna Cat Ruang Tamu Gold
Warna Cat Ruang Tamu Gold | Gambar: Pexel.com

Warna gold biasanya digunakan sebagai sentuhan tambahan. Tapi bisa juga pakai warna emas untuk seluruh ruangan. Kalau tidak begitu, kesan emas bisa didapat dari warna dekorasi, permukaan furniture, lampu, sampai tembok. Agar tidak terlalu bling-bling, kamu bisa gunakan furnitur berwarna coklat atau krem untuk mengimbangi warna yang cerah.

7. Warna Cat Ruang Tamu Hitam

Warna Cat Ruang Tamu Hitam
Warna Cat Ruang Tamu Hitam | Gambar: Pexel.com

Misterius, gelap, seram, semua asumsi itu bakal hilang kalau kamu bisa gunakan warna hitam dengan tepat. Bagaimana biar cantik? Mainkan dengan aksen, corak, atau highlight. Cek contoh gaya warna cat ruang tamu agar terlihat mewah ini. Kamu bisa lihat warna hitam ditabrak dengan warna putih, hijau, dan karpet biru bercorak yang jadi highlight ruangan artistik ini

8. Warna Cat Ruang Tamu Lavender

Warna Cat Ruang Tamu Lavender
Warna Cat Ruang Tamu Lavender | Gambar: Pexel.com

Masih dalam spektrum warna ungu, Lavender punya tampilan yang lebih soft dibanding burgundy. Formula permainan warnanya kurang lebih sama. Kamu bisa tabrak warna dingin ini dengan corak unik, netral, bahkan emas. Agar tidak berlebihan, perhatikan pemilihan varian dan kombinasinya. Gunakan warna netral untuk aksen ruang atau detailing agar tidak bosan.

9. Warna Cat Ruang Tamu Putih

Warna Cat Ruang Tamu Putih
Warna Cat Ruang Tamu Putih | Gambar: Pexel.com

Kesan putih yang bersih, suci, dan juga mewah bisa didapat dengan lebih baik kalau kamu gabungkan dengan warna emas. Seperti gambar ini yang menggabungkan warna emas, cream, atau coklat dan hitam untuk furniturnya. Sedangkan ruangannya, sebagian besar putih dengan sentuhan corak atau varian warna serupa seperti putih gading dan abu abu.

10. Warna Cat Ruang Tamu Emerald Green

Warna Cat Ruang Tamu Emerald Green
Warna Cat Ruang Tamu Emerald Green | Gambar: Pexel.com

Warna cat ruang tamu agar terlihat mewah satu ini mirip dengan tampilan batu permata. Hijaunya yang sedikit gelap cocok disandingkan dengan warna cerah seperti kuning, coklat, oranye, bahkan hijau lainnya. Kamu bisa gunakan warna gelap ini untuk tembok, kemudian beri warna cerah untuk area lain agar memberi kesan ruangan yang lebih luas.

Dengan memilih warna cat yang tepat, ruang tamu terlihat lebih mewah dan elegan. Setiap warna menawarkan kesan dan nuansa yang berbeda, memungkinkan untuk menciptakan ruang yang benar-benar mencerminkan gaya. Lengkapi dengan furnitur kursi sofa plastik, laci penyimpanan dan kursi minimalis dari Olymplast yang membuat rumah makin nyaman.

authorBagas PambudiantonoHandles advertising for Meta Marketplace and creates content on Furniture topics. Prefers minimalist and modern design.
Editor : Hariz Nur Rohmad