Share

Inilah Contoh Gaya Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan

Bagas Pambudiantono • 26 Mar 2024

Memiliki rumah dengan desain minimalis yang elegan dan modern adalah impian bagi banyak orang. Dengan konsep yang tepat, rumah dua lantai bisa menjadi sebuah karya arsitektur yang memukau. Artikel ini akan menghadirkan sejumlah contoh desain rumah dua lantai minimalis yang bisa mewujudkan kesan elegan dan modern. Mulai dari rumah terbuka yang praktis hingga rumah futuristik yang memukau, setiap desain memiliki karakteristiknya sendiri untuk memenuhi kebutuhan dan selera estetik konsumen modern. Yuk, simak!

Pilihan Desain Rumah 2 Lantai

1. Rumah Terbuka

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Terbuka
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Terbuka | Gambar: Archdaily.com

Ide rumah 2 lantai yang dapat dijadikan pilihan yakni dengan konsep terbuka. Model ini dilengkapi dengan desain eksterior tegas sehingga menyajikan gaya hidup praktis dan sederhana. Maka dari itu, rumah ini cocok bagi keluarga muda dari generasi milenial. Apalagi, konsepnya juga menekankan prinsip space-saving dengan memaksimalkan efisiensi setiap ruang.

Pada eksterior rumah, kamu bisa memanfaatkan lahan kosong dengan menanam tumbuhan seperti pohon. Tidak lupa juga dengan memasang rumput untuk memberikan kesan hijau dan segar pada panorama sekitar rumah. Jika rumah menerapkan desain modern, kamu dapat menyediakan sofa minimalis hitam di ruang tamu atau keluarga.

2. Rumah Japandi Natural

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Japandi Natural
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Japandi Natural | Gambar: Arsitag.com

Industrial Japandi ialah salah satu konsep rumah modern yang menggabungkan gaya desain Japanese dan Skandinavia. Adapun dua konsep yang digabungkan yakni wabi-sabu dan lagom. Wabi-sabi ialah filosofi hidup Jepang yang berarti keindahan dalam ketidaksempurnaan sedangkan Lagom ialah keseimbangan dalam aspek hidup.

Interior desain rumah ini juga fokus pada space-saving dengan menyediakan meja dapur sebagai pembatas antara ruangan dapur, ruang makan dan ruang keluarga. Beberapa dekorasi ala Japandi yakni tanaman indoor dengan lukisan motif simpel. Untuk memanfaatkan ruangan kosong, kamu bisa mengisinya dengan furniture lampu gantung.

3. Rumah Modern Minimalis

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Modern Minimalis
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Modern Minimalis | Gambar: Pratidhiventures.com

Desain rumah 2 lantai minimalis modern dan elegan ini cocok bagi kamu yang memiliki mobil dan motor. Sebab, terdapat lahan parkir di depannya. Agar kendaraan terlindungi dengan baik, kamu bisa memasang kanopi di atasnya. Pintu masuknya berada di sebelah tempat parkir sehingga mudah keluar masuk rumah.

Agar rumah terasa asri, taman mini tersedia di depan rumah dimana kamu bisa menyalurkan hobi berkebun sepuasnya disini. Di dalam ruangan, terdapat ruang tamu, ruang keluarga, dapur dan kamar. Tidak hanya itu, lantai atas juga memiliki kamar dan ruangan tambahan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

4. Rumah Monokrom

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Monokrom
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Monokrom | Gambar: Isdesignet.com

Konsep monokrom juga bisa dijadikan desain rumah 2 lantai minimalis modern dan elegan. Gaya ini didominasi dengan warna hitam, putih dan abu-abu. Kombinasi warna netral itulah yang mempermudah penggunaan aksesoris dan furniture di dalam ruangan. Kamu bisa memilih sofa dan kursi berwarna biru gelap dengan shade yang berbeda.

Agar tidak terkesan monoton, pilihlah karpet berwarna merah gelap untuk memberikan warna cerah tersendiri pada ruangan. Sangat disarankan untuk memilih furniture berdesain modern seperti terbuat dari logam, besi atau kayu. Jika rumah memiliki panorama alam yang bagus di sekitarnya, kamu dapat memanfaatkan lantai dua sebagai ruang bersantai.

5. Rumah Minimalis Natural

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Minimalis Natural
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Minimalis Natural | Gambar: Arsitekmalang.id

Konsep rumah minimalis ini cocok bagi penggemar tumbuhan atau yang ingin memiliki nuansa rumah asri dan segar. Desain eksteriornya didominasi dengan warna putih dan kayu sehingga memberikan kesan luas dan bersih. Rumah ini memaksimalkan penggunaan jendela untuk memanfaatkan sinar matahari sebagai cahaya penerangan di siang hari.

Maka dari itu, desain interiornya memiliki sejumlah tanaman hias indoor untuk menghindari rasa kaku dan dingin di dalam ruangan. Kamu juga dapat meletakkan beberapa dekorasi tambahan seperti bantal sofa bermotif, lukisan minimalis dan lampu minimalis. Dengan begitu, kamu memiliki desain interior ruangan yang menyegarkan.

Baca Juga! Jenis-Jenis Furniture Ruang Tamu yang Bikin Makin Nyaman

6. Rumah Scandinavian

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Scandinavian | Gambar: Arsitag.com
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Scandinavian | Gambar: Arsitag.com

Rumah Scandinavian memiliki sentuhan natural pada hunian modern dan terinspirasi dari rumah panjang Viking. Hunian ini memiliki atap tinggi mengerucut sehingga rumah terkesan mewah dan megah. Dengan konsep eco living, rumah ini cenderung ramah lingkungan dan hemat energi karena mengoptimalkan pencahayaan alami.

Pengaturan furniture dan dekorasinya juga mudah karena tidak membutuhkan detail terlalu banyak sehingga hemat uang. Gaya hunian ini juga memanfaatkan warna netral seperti krem, abu-abu dan putih sehingga mudah dipadukan dengan warna lain. Contohnya karpet rajut berwarna biru muda.

7. Rumah Futuristik

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Futuristik
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Futuristik | Gambar: Medialabuanbajo.com

Hunian futuristik minimalis menerapkan konsep modern dengan memanfaatkan bahan banguna seperti kaca, baja dan lain-lain. Dengan menghadirkan kecanggihan teknologi, rumah ini menggunakan lampu LED agar rumah tampak terang dan luas. Rumah ini memiliki atap yang unik dan berbeda dengan rumah pada umumnya.

Warna yang dipilih juga lebih solid sehingga mampu menghidupkan suasana seperti putih, silver, gold dan hitam. Oleh sebab itu, hunian futuristic terkesan elegan, tegas dan maskulin. Untuk furniturnya, pilihlah dekorasi multifungsi yang memiliki sifat modern. Namun, tidak jarang juga menggunakan dekorasi bermaterial daur ulang untuk menambah keunikan.

8. Rumah Vertikal Estetik

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Vertikal Estetik
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Vertikal Estetik | Gambar: Pratidhiventures.com

Bagi kamu yang masih hidup sendiri, rumah estetik minimalis 2 lantai ini sempurna dimiliki. Meski sempit, desain vertikalnya berhasil memanfaatkan ruang kosong sehingga tampak luas. Hal ini berkat penggunaan jendela yang optimal. Cahaya lampunya juga mampu menerangi ruangan dengan jangkauan yang luas.

Hunian ini juga menerapkan konsep modern pada eksterior maupun interiornya dengan menggunakan aksen kayu dan besi dengan warna coklat terang atau soft yang senada. Furniture seperti sofa dan meja yang minimalis berada di luar ruangan sehingga bisa digunakan untuk menikmati udara sejuk. Tanaman hias juga diletakkan di setiap sudut.

9. Rumah Putih Minimalis

Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Vertikal Estetik
Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Modern Elegan Rumah Vertikal Estetik | Gambar: Pratidhiventures.com

Inspirasi desain rumah 2 lantai minimalis modern dan elegan satu ini mengoptimalkan warna putih untuk memberikan kesan luas dan segar. Terlebih lagi, terdapat kolam mini dangkal sebagai hiasan di depannya sebagai kaca untuk memberikan pantulan cahaya dari air pada rumah sehingga terkesan sejuk dan alami.

Agar tidak terkesan monoton, kamu bisa memadukannya dengan furniture hangat yang memiliki aksen kayu dan coklat. Sama seperti konsep sebelumnya, rumah ini menerapkan konsep vertikal dimana bangunannya tinggi atau memanjang ke atas. Agar serasi, pintu dan jendelanya berbentuk persegi.

Dalam menciptakan hunian yang menawan dan fungsional, desain rumah dua lantai minimalis modern elegan menjadi pilihan yang menarik. Dari penggunaan material hingga konsep ruangan yang cerdas, setiap detail dapat memberikan kesan yang berbeda namun tetap harmonis. Seperti penggunaan furniture yang sesuai dengan gaya desain, kamu bisa melengkapi rumahmu dengan berbagai furniture. Furniture seperti lemari pakaian, meja ruang tamu, dipan plastik minimalis dan tempat penyimpanan dari Olymplast bisa menjadi andalanmu.

#Desain Rumah #Desain Rumah 2 Lantai #Desain Rumah Minimalis
Artikel Terkait