Share

8 Inspirasi Tema Dekorasi Kamar Anak Cowok Cewek Menarik

Bagas Pambudiantono • 15 Nov 2023

Dalam merancang dekorasi kamar anak, kreativitas menjadi kunci utama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan mereka. Tidak hanya sebagai tempat beristirahat, kamar anak juga menjadi wadah untuk mengeksplorasi minat dan imajinasi mereka. Salah satu cara untuk menciptakan kamar yang unik adalah dengan memilih tema dekorasi yang sesuai dengan kepribadian dan minat anak.

Berbagai Tema Dekorasi untuk Kamar Anak Cowok Cewek

Dalam artikel ini, kamu akan menjelajahi berbagai tema dekorasi yang dapat memberikan inspirasi untuk menciptakan kamar anak yang penuh warna dan kreativitas. Mulai dari kamar bergaya petualangan hingga kamar minimalis dengan sentuhan lilac, setiap tema memiliki pesonanya sendiri yang dapat menciptakan ruang yang nyaman dan menyenangkan bagi buah hati kita. Yuk, simak!

  1. Kamar Modern dengan Suasana Adventure

Kamar Modern dengan Suasana Adventure

Kamar Modern dengan Suasana Adventure | Gambar: decombo.com

Jika kamu memiliki anak yang sangat suka dengan hal-hal yang berbau petualangan, desain kamar ini cocok diterapkan. Kasur tidur bisa diletakkan di tengah ruangan. Pada dinding sisi kanan, tambahkan rak buku susun dan papan tulis. Agar dinding tidak kosong, kamu bisa pasangkan kaca bulat dengan berbagai ukuran mulai dari kecil, sedang hingga besar.

Untuk lemari, kamu bisa menyatukannya dengan dinding dan rak buku sehingga ruangan tampak lebih rapi dan lebih leluasa. Menariknya, kamar ini dilengkapi dengan mini wall climbing sehingga baik bagi pertumbuhan anak. Pillow sack juga dapat ditambahkan untuk mendukung kegiatan bersantai anak. Tentunya, anak akan semakin betah bermain di dalam kamar.

  1. Kamar Lilac Minimalis

Kamar Lilac Minimalis

Kamar Lilac Minimalis | Gambar: goodshomedesign.com

Kamar lilac minimalis cocok bagi kamu yang memiliki ruangan kecil. Kamar anak perempuan ini memiliki kasur dan rak buku yang menyatu dan diletakkan di sisi dinding. Dengan nuansa lilac, kamar terasa lebih ceria dan luas. Rak buku terbuka dan pigura foto dapat dipasangkan pada dinding agar tidak terasa hampa.

Menariknya, ruangan ini memiliki jendela yang menghadap langsung dengan kasur sehingga si kecil dapat bangun tidur begitu mentari menyapanya. Keberadaan jendela juga membuat ruangan terasa hangat dan terang. Hal inilah yang membuat udara ruangan terasa lebih segar, sejuk dan tidak lembab.

  1. Kamar Coklat Minimalis

Kamar Coklat Minimalis

Kamar Coklat Minimalis | Gambar: cubbyathome.com

Hunianmu bernuansa coklat? Kamar anak perempuan dan laki-laki satu ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Terlebih lagi, jika kamu memiliki dua anak, kamu bisa membuatkannya satu kamar bersama dengan tempat tidur susun. Bedanya, tempat tidur ini memiliki tangga di bagian kakinya sehingga tempat tidur bagian bawah terasa lebih luas.

Dekorasi kamar ini menerapkan berbagai warna shade coklat mulai dari coklat terang hingga coklat gelap. Tentunya, hal tersebut ditambahkan dengan paduan kayu sehingga terasa lebih natural. Adapun penggunaan kayunya yakni pada ranjang dan lantai. Agar terasa lebih nyaman, karpet berwarna abu-abu dapat diletakkan di sisi ranjang.

  1. Kamar Astronot Minimalis

Kamar Astronot Minimalis

Kamar Astronot Minimalis | Gambar: cubbyathome.com

Punya bayi? Kamar astronot minimalis ide yang tepat untuk digunakan. Kamar ini dipercantik dengan adanya lukisan atau gambaran astronot dan benda-benda luar angkasa pada bagian dindingnya. Tempat tidur bayi dengan aksen kayu berwarna abu-abu diletakkan menempel pada dinding.

Untuk mengisi ruang yang kosong, letakkan rak buku berupa display di sebelah ranjang bayi. Kamu bisa meletakkan buku-buku bacaan dongeng yang biasa dibacakan untuk anak disini. Kemudian, meja kecil juga turut memeriahkan suasana untuk meletakkan helm astronot mainan di atasnya.

Baca Juga! 6 Rekomendasi Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3x3

  1. Kamar Penuh Imajinasi

Kamar Penuh Imajinasi

Kamar Penuh Imajinasi | Gambar: cubbyathome.com

Perlu diketahui bahwa masa anak-anak ialah waktu yang tepat untuk mengasah imajinasi serta kreatifitas. Kamu bisa mendukungnya dengan kamar berdekorasi peta pada dinding kamar anak. Kamar ini akan membantu anak untuk mengenali bahwa betapa luasnya dunia luar. Hal ini juga dapat meningkatkan rasa penasaran dan pengetahuan anak.

Anak yang tertarik dengan ilmu mengenai tempat-tempat menarik di dunia dapat mendorongnya belajar mengenali nama-nama tempat dan lokasinya. Tidak perlu susah-susah menggambar peta besar pada dinding. Ada banyak poster atau stiker peta besar dunia yang dapat ditempelkan langsung pada dinding dengan mudah.

  1. Kamar Bergaya Boho Sederhana

Kamar Bergaya Boho

Kamar Bergaya Boho | Gambar: ashleyfurniture.com

Kamar anak laki-laki dan perempuan selanjutnya yang patut dijadikan bahan referensi yakni kamar bergaya boho. Kamar satu ini menerapkan berbagai furniture vintage pada dindingnya. Selain itu, pernak-pernik dan nuansa kamarnya terlihat cerah dengan perpaduan warna putih, abu-abu gelap, abu-abu terang, coklat dan hitam.

Beberapa furniturenya pun bergaya vintage seperti kepala unicorn dan kambing serta dekorasi kayu segitiga. Tidak lupa, dindingnya pun menambah aksen boho tersendiri karena menerapkan berbagai bentuk dalam satu tempat sekaligus. Kamar ini cocok bagi kamu yang memiliki bayi dan balita atau anak-anak di atas umurnya.

  1. Kamar Abstrak dengan Suasana Outdoor

Abstrak Suasana Outdoor

Abstrak Suasana Outdoor | Gambar: melanielissackinteriors.com

Dekorasi kamar anak laki-laki dan perempuan yang tidak kalah menarik yaitu kamar abstrak dengan menerapkan tema outdoor. Kamar ini terdiri dari berbagai bentuk yang abstrak mulai dari gambar petir, awan dan pelangi yang disusun dengan unik. Pada bagian dindingnya, terdapat lukisan pegunungan dan perkotaan yang dipisahkan dengan pelangi di tengahnya.

Agar dekorasi ruangan tampak lebih hidup, kamu bisa menambahkan boneka jerapah berdiri di depan tempat tidur. Perapian dapat ditambahkan agar ruangan terasa lebih hangat dan nyaman. Karpet bulu diletakkan di depan perapian untuk menambah kesan tersendiri. Dinding yang kosong pun bisa dipercantik dengan pigura-pigura foto.

  1. Kamar Minimalis Kembar 3

Kamar Minimalis Kembar 3

Kamar Minimalis Kembar 3 | Gambar: melanielissackinteriors.com

Kamar satu ini berbeda dari yang lain karena memiliki 3 tempat tidur yang tersusun dan tersambung dengan bentuk sesuai dindingnya. Tempat tidur ini memiliki beberapa rak di bagian bawahnya yang cukup besar dan tinggi sehingga si kecil perlu menaiki tangga terlebih dahulu untuk menuju ranjangnya. Untuk memanfaatkan ruang kosong, kamu bisa menambahkannya mainan.

Dengan begitu banyak pilihan tema dekorasi untuk kamar anak, menciptakan ruang yang sempurna untuk buah hati menjadi lebih menyenangkan dan menantang. Dari konsep modern dengan sentuhan petualangan hingga kamar bergaya boho yang penuh warna, setiap desain memiliki daya tariknya sendiri.

Penting untuk mengingat bahwa kreativitas dan keunikan dapat mencerminkan kepribadian anak, menciptakan lingkungan yang tidak hanya estetis tetapi juga mendukung perkembangan mereka. Jadi, lengkapi juga furniture meja kamar anak, kursi anak dan tempat menyimpan mainan anak serbaguna dari Olymplast.

#Dekorasi Rumah #Tips #Warna Cat Kamar
Artikel Terkait