Share

6 Desain Dapur Minimalis 3x3, Tetap Terlihat Cantik dan Rapi

Furniture Enthusiast · 22 Agustus 2024

Dari tahun ke tahun, konsep rumah minimalis masih banyak diminati oleh banyak orang. Sebab, selain tata ruangnya yang sederhana, konsep minimalis juga membuat ruangan lebih efisien. Dengan begitu, kamu akan lebih mengedepankan fungsinya dan tidak perlu menggunakan perabotan yang dirasa tidak penting.

Salah satu ruangan yang perlu diperhatikan saat membuat konsep minimalis adalah dapur. Ruangan ini biasanya banyak memakan tempat, jika kamu tidak mendesainnya dengan baik. Padahal, ukuran yang cocok untuk desain dapur minimalis cukup 3x3 meter saja. Berikut 6 desain dapur minimalis 3x3 yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Minimalis dengan Jendela

Desain Dapur Minimalis 3x3 dengan Jendela
Desain Dapur Minimalis 3x3 dengan Jendela | Gambar: Livspace.com

Pada desain dapur minimalis 3x3 yang pertama, kamu bisa membentuk dapur dengan U-shape yang akan mengefektifkan kamu saat memasak dan melakukan aktivitas lainnya. Seperti mencuci piring misalnya atau menyiapkan bahan-bahan masakan yang akan dimasak berikutnya.

Kemudian, tambahkan jendela pada salah satu sisi dapur yang langsung mengarah ke luar rumah. Adanya jendela ini, selain untuk sirkulasi udara juga sebagai pengalihan pandangan agar kamu tidak merasa bosan saat berada di dapur. Penggunaan cahaya lampu pun akan menjadi minim karena adanya pencahayaan langsung dari jendela.

Minimalis Modern

Desain Dapur Minimalis 3x3 Modern
Desain Dapur Minimalis 3x3 Modern | Gambar: Livspace.com

Pada umumnya konsep minimalis diartikan dengan sesuatu yang sederhana. Tapi desain dapur ini mengusung konsep minimalis modern. Tetap terlihat simpel tanpa banyak ornamen, hanya dinding warna putih dan kitchen set warna soft blue yang cantik. Bisa dilihat, perpaduan kedua warna ini membuat dapur terlihat elegan.

Unsur modern yang ditonjolkan terletak pada penggabungan elemen sederhana dan elemen yang stylish. Furniture yang digunakan dibuat polos dengan warna-warna yang netral. Peralatan dapur yang dipilih juga lebih berfokus pada aspek fungsionalnya. Tidak banyak variasi pada desainnya, tapi tidak juga terlihat membosankan. Ini bisa jadi inspirasi untuk desain dapur minimalis 3x3 yang sedang kamu cari.

Baca Juga! Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan Lukisan Bikin Makin Estetik

Penggunaan Meja Marmer

Desain Dapur Minimalis 3x3 dengan Meja Marmer
Desain Dapur Minimalis 3x3 dengan Meja Marmer | Gambar: Livspace.com

Kamu bisa membuat ruang dapurmu lebih nyaman dengan pemilihan meja marmer. Sebab, meja marmer bisa lebih mudah dibersihkan ketika terkena kotoran saat memasak. Terlebih jika kamu orang yang sangat suka kebersihan, ini bisa menjadi solusinya.

Desain dapur dengan meja marmer ini bisa kamu bentuk U-Shape. Sebab, lemari atau kitchen set akan mengelilingi area dapur, sehingga bisa menyimpan banyak ruang pada rak-rak lemari kitchen set-nya. Pemilihan warna putih pada dinding dan meja marmer pun membuat tampilan dapur menjadi terkesan lebih bersih.

Nuansa Warna Beige

Desain Dapur Minimalis 3x3 Nuansa Warna Beige
Desain Dapur Minimalis 3x3 Nuansa Warna Beige | Gambar: Realsimple.com

Warna beige termasuk salah satu warna netral yang punya tingkat kecerahannya itu rendah. Efektif memberikan kesan lembut dan tenang pada ruangan. Membuat ruangan terasa ramah dan mengundang. Selain itu, warna beige juga memberikan ilusi visual yang membuat ruangan terlihat luas dan lapang. 

Penggunaan warna beige pada dinding dan furniture dapur menciptakan suasana yang tenang dan estetis. Agar semakin nyaman, kamu juga bisa menambahkan kursi bar pada sisi dapur yang langsung menghadap jendela. Tambahkan juga dekorasi tanaman-tanaman hias yang mampu membuat dapur semakin menarik. 

Konsep Alami

Desain Dapur Minimalis 3x3 Konsep Alami
Desain Dapur Minimalis 3x3 Konsep Alami | Gambar: Livspace.com

Desain dapur minimalis 3x3 mungkin akan terasa sempit jika dalam pemilihan desainnya kurang tepat. Konsep kali ini bisa jadi inspirasi kamu, agar dapur berukuran 3x3 tidak terlihat sempit dan membosankan. Dengan menggabungkan unsur alami, dan membuat kesan bebas pada ruangan tersebut. Tambahkan dekorasi tanaman hias untuk melahirkan rasa sejuk pada ruangan. 

Penggunaan bata ekologis yang digunakan pada dinding dapur adalah sejenis batako yang terbuat dari campuran tanah, semen dan air. Terlihat cocok dan sangat estetik ketika dipasangkan. Aksen kayu pada meja sekeliling dapur menjadi sangat serasi dengan konsep alami yang dijunjung. Terlihat hangat dengan pencahayaan lampu LED berwarna warm light, membangkitkan rasa semangat dan rileks saat memasak.

Warna Netral

Desain Dapur Minimalis 3x3 Warna Netral
Desain Dapur Minimalis 3x3 Warna Netral | Gambar: Livspace.com

Warna netral dapat menciptakan ruangan terlihat sederhana. Akan cocok untuk inspirasi desain dapur minimalis 3x3. Perpaduan tekstur kayu warna putih dengan rak dengan warna senada memberikan kesan yang elegan. Pencahayaan yang maksimal menambah kehangatan pada ruangan. Pemilihan bentuk wastafel yang sederhana menjadikan ruangan ini benar-benar indah. 

Pilihlah warna-warna redup yang dapat berubah sesuai dengan cahaya agar terlihat glamor bahkan pada ruang utilitarian. Padukan warna yang setara pada elemen-elemen dapur dengan desain keseluruhan ruangan. Tidak lupa untuk menambahkan dekorasi tanaman hias dengan warna yang lebih terang dari warna dominan yang ada, agar tidak terlalu terlihat polos.  

Itulah 6 desain dapur minimalis 3x3 yang bisa kamu jadikan inspirasi. Bukan hal yang mustahil membuat dapur minimalis 3x3 dengan tetap rapi dan menawan. Kamu bisa menata dapur supaya tampak menarik. Hal yang utama, kamu perlu menyesuaikan desain dengan budget yang kamu punya. Untuk mencegah pengeluaran yang berlebihan, anggaran yang jelas akan bisa membantu kamu menentukan desain dapur lebih cepat.

Kira-kira desain mana yang akan kamu pilih? Pastikan untuk memilih desain dapur minimalis 3x3 sesuai keinginan kamu dan keluarga, yang akan membuat kamu nyaman beraktivitas di dalamnya. Pencahayaan yang optimal dan pemilihan warna pada ruangan dapur akan berpengaruh dan memperlihatkan kesan dapur luas dan tidak sumpek. Agar dapurmu terlihat lebih menawan lagi, kamu bisa memilih semua perabot dapur seperti kabinet, laci penyimpanan dan rak bumbu serbaguna dari Olymplast.

authorFurniture Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Hariz Nur Rohmad