Share

Inspirasi 8 Foto Dapur Minimalis yang Bikin Masak Semakin Nyaman

Furniture Enthusiast · 23 Juli 2024

Menciptakan dapur minimalis yang nyaman dan fungsional tidak hanya soal desain, tapi juga tentang bagaimana memaksimalkan ruang yang ada. Desain-desain ini tidak hanya menonjolkan keindahan visual, tapi juga mempertimbangkan kenyamanan dan efisiensi. Setiap foto dapur minimalis yang kami sajikan membawa konsep berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi.

Contoh Dapur Minimalis

Dari penggunaan suasana island yang multifungsi hingga penerapan warna-warna cerah yang membuat dapur terlihat lebih luas, semua ide ini dirancang untuk membantu untuk menciptakan dapur impian. Mari jelajahi inspirasi-inspirasi menarik ini dan temukan desain dapur yang paling sesuai untuk rumah.

1. Island dan Kursi Bar

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Island dan Kursi Bar
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Island dan Kursi Bar | Gambar: Pexel.id

Ingin punya desain dapur yang simpel tapi fungsional optimal? Ketika tidak memiliki banyak pilihan soal ruangan, coba pilih desain yang multifungsi. Seperti foto dapur minimalis ini yang menambahkan island atau meja tengah diikuti dengan kursi bar. Tujuannya? Untuk memberi satu area yang bisa digunakan sebagai alternatif meja makan.

Ide ini juga sangat cocok kalau kamu punya ruangan terbatas dan tidak memiliki ruang makan khusus. Tapi, perhatikan juga ukuran dari island karena bisa saja memenuhi area. Saat diterapkan dengan benar, gaya ini bisa memberi kesan mewah dan elegan atau bisa bergaya ala cafe. Seperti menambahkan lampu cantik atau hiasan dinding keren.

2. Warna Tembok Biru Kekinian

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Plus Dekorasi kekinian
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Plus Dekorasi kekinian | Gambar: Pexel.id

Tambah dekorasi kekinian agar tampilan tidak membosankan. Seperti contoh foto yang satu ini, dimana dapur yang sempit masih teras menarik dan juga kekinian. Umumnya, desain seperti ini digunakan untuk rumah bergaya studio atau open space. Alhasil, perlu adanya spacing dan separator yang jelas.

Menariknya, foto dapur minimalis ini dibuat di dalam satu petak yang kemudian diberi jendela dan atap atap. Alhasil memberi kesan terpisah dari ruang sekitarnya. Hiasan sederhana seperti quote di dinding menjadi pusat perhatian dan sentuhan warna. Sedangkan ambalan dan kabinetnya dimaksimalkan untuk penyimpanan barang.

3. Dapur Suasana Cerah

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Jendela Besar
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Jendela Besar | Gambar: Pexel.id

Desain dapur minimalis yang satu ini Indonesia banget, sederhana, simple, minimalis tapi juga fungsional. Jendela besar yang ada di atas kompor bisa juga berfungsi untuk pencahayaan serta ventilasi dan pembuangan asap. Cocok banget buat kamu yang punya halaman belakang. Dengan adanya jendela ini, dapur kecil pun akan tampak lebih luas.

Dari segi dekorasi, desainnya cukup sederhana dan menggunakan warna gelap seperti biru dongker dan kayu. Kombinasi ini memberikan kontras yang bagus untuk area sekitar yang didominasi warna putih. Minimnya penggunaan warna lain, membuat dapur ini nyaman dipandang walau ada penggunaan backsplash berbentuk kotak.

4. Dinding Papan Tulis

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Dinding Papan Tulis
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Dinding Papan Tulis | Gambar: Pexel.id

Kata siapa tembok hitam itu jadi bikin gelap dan bosenin? Kalau melihat foto dapur minimalis yang satu ini tembok hitam difungsikan untuk papan tulis. Kamu yang kreatif bisa banget gunakan area dinding yang kosong untuk menggambar, menulis catatan, bahkan kutipan keren. Tapi umumnya, ada lapisan khusus yang digunakan agar kapur melekat.

Selain dari sisi fungsi, penggunaan warna hitam dan papan tulis ini juga membuat dapur tampak lebih hidup. Seakan ada nyawa karena ada sentuhan pribadi dari pemilik rumah. Agar tidak kotor dan berlebihan, desain kabinet dapur dan area sekitar dengan warna putih. Kesan monochrome bisa membuat ruangan tampak lebih estetik tapi juga nyaman dilihat.

5. Dapur Terbuka dengan Tanaman

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Dengan Tanaman
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Dengan Tanaman | Gambar: Pexel.id

Minimalis bukan berarti kosong atau tidak ada hiasan sama sekali. Kamu bisa terapkan dekor sederhana untuk memberi nilai unik di dapur. Salah satu contohnya adalah menambah tanaman agar dapur tampak asri. Tidak harus tanaman asli pula, kamu bisa pilih tanaman artifisial yang lebih awet dan tahan lama di area dapur.

Kalau di foto dapur minimalis yang satu ini, kamu bisa lihat bagaimana areanya semi outdoor. Kehadiran taman kecil mungkin tidak ada kaitan langsung dengan dapur selain dekorasi. Tapi cocok untuk pemanis dan juga memberi ventilasi maksimal. Kesan asri pun didapatkan karena stereotype dapur yang kecil dan kotor pun akan terbiaskan.

Baca Juga! Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan Lukisan Bikin Makin Estetik

6. Dapur Kombinasi Abu & Putih

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Monokrom
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Monokrom | Gambar: Pexel.id

Kalau bicara desain minimalis, biasanya monokrom akan keluar. Ide dari monokrom adalah perpaduan warna yang digunakan adalah monokromatik. Opsinya bisa hitam dan putih, tapi bisa juga meluas dengan penerapan warna charcoal, navy, dan abu abu. Ide ini pun cukup sering dipilih karena memberi kesan mewah, elegan, dan juga sederhana.

Seperti foto dapur dengan warna abu, hitam, dan putih ini. Lokasinya yang terbilang terbatas tampak lebih dominan dan menarik untuk rumah. Terutama dengan backsplash berwarna abu. Minimnya hiasan pun membuat penampilan tampak lebih elegan dan bersih. Karena itulah akan sangat cocok untuk kau yang punya rumah dengan konsep minimalis.

7. Dapur Putih Bersih

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Warna Cerah
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Warna Cerah | Gambar: Pexel.id

Kalau tidak ingin warna gelap, sebenarnya bisa juga pakai konsep warna warni atau warna cerah. Warna cerah itu paling sering dipilih karena membuat area tampak lebih luas. Tapi apa yang diberikan oleh foto dapur minimalis ini tidak hanya mengadopsi warna putih, tapi juga warna cerah lain seperti hijau dan merah. Kenapa?

Salah satu alasan takut pakai warna putih adalah dapur mudah kotor. Tapi jika diterapkan dengan baik bakal terlihat indah. Sedangkan penambahan warna hijau atau cerah lain, bisa jadi pemanis dan pelengkap. Karena mata manusia kerap tertarik dengan warna yang menarik. Karena itulah, hijau dipasang di beberapa pusat penampilan seperti backsplash atau island.

8. Dapur dan Ruang Makan

Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Dapur dan Ruang Makan
Foto dan Inspirasi Dapur Minimalis Dapur dan Ruang Makan | Gambar: Pexel.id

Bagaimana kalau tidak punya ruang luas? Ketika rumah kamu harus pakai konsep open space dan menggabung ruang makan dan dapur, coba perhatikan tata letak dan pewarnaan. Agar tidak terlalu sempit, memaksimalkan area pakai cabinet sudut dan storage tinggi. Bisa juga pakai kursi bar untuk tempat duduk tambahan. Sedangkan untuk meja makan, pilih yang bulat.

Meja berbentuk bulat bisa memberikan penampilan yang lebih ringkas. Kemudian cek juga jalan dan aksesnya. Apakah terganggu atau tidak? Di foto dapur minimalis ini, dua ruangan bercampur tapi tetap tampak sederhana. Pasalnya desainer menggunakan warna cerah dan aksen serupa (kayu) untuk meja makan dan kabinet. Alhasil terbangun kesan kesatuan.

Dengan delapan inspirasi foto dapur minimalis ini, kamu dapat menciptakan dapur yang tidak hanya indah tapi juga fungsional. Agar semakin nyaman, bisa juga melengkapi dengan rak penyimpanan, kabinet dapur, rak bumbu dapur dan meja minimalist dari Olymplast.

authorFurniture Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Hariz Nur Rohmad