Share

Yuk Coba 9 Ide Kreatif Hiasan Dinding Ruang Tamu Minimalis

Farahiyah Inarah · 02 Mei 2024

Ruang tamu merupakan bagian penting dalam rumah yang seringkali menjadi pusat perhatian ketika mengundang tamu atau sekadar bersantai bersama keluarga. Salah satu cara untuk mempercantik tampilan ruang tamu adalah dengan menambahkan hiasan dinding yang kreatif dan menarik.

Inspirasi Hiasan Dinding

Dengan ide-ide yang tepat, hiasan dinding dapat memberikan sentuhan istimewa pada ruangan minimalis. Dalam artikel ini, akan memperkenalkan ide kreatif untuk hiasan dinding ruang tamu minimalis yang dapat menginspirasi dalam merancang ruangan. Yuk, simak!

1. Kepala Hewan Artifisial

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kepala Hewan Artifisial
Hiasan Dinding Ruang Tamu Kepala Hewan Artifisial | Gambar: Woodenstreet.com

Hiasan dinding ruang tamu minimalis pertama yakni kepala hewan artifisial atau buatan. Dekorasi ini cocok dipadukan dengan tema rustic modern yang memiliki kesan alami atau apa adanya. Dengan begitu, ruang tamu memiliki suasana hangat dan elegan. Kamu dapat memilih hiasan kepala hewan berwarna coklat keemasan untuk menambah kesan mewah.

Menariknya, hiasan dinding ini melambangkan kejayaan para pemburu. Maka dari itu, ruangan tampak berkelas dan mahal. Meski menggunakan kepala hewan buatan, tingkat kemewahannya tidak akan berkurang sedikitpun. Sebaliknya, furnitur ini memberikan kesan modern.

2. Piring Cantik

Hiasan Dinding Ruang Tamu Piring Cantik
Hiasan Dinding Ruang Tamu Piring Cantik | Gambar: Artwall.com

Tidak hanya kepala hewan artifisial, susunan piring-piring cantik juga menarik dijadikan sebagai dekorasi dinding ruang tamu. Kamu dapat menggantungnya di dinding atas sofa. Agar serasi, pilihlah warna yang senada dengan gaya hunian. Contohnya, piring bermotif dan bernuansa coklat cocok digunakan untuk gaya bohemian.

Piring dengan berbagai bentuk dan warna bisa kamu susun sesuai selera agar simetris dan tidak terkesan monoton. Contohnya, meletakkan piring terbesar di tengah sebagai fokus utama dan piring kecil di sekitarnya. Dekorasi ini juga memberikan kesan hangat pada ruangan sehingga tamu akan merasa nyaman dan betah berlama-lama bercengkrama disini.

3. Kaca Matahari

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kaca Matahari
Hiasan Dinding Ruang Tamu Kaca Matahari | Gambar: Blessberries.com

Kaca matahari atau sun mirror bisa dijadikan sebagai hiasan dinding ruang tamu minimalis. Di samping itu, kaca membuat kesan ruangan terasa luas dengan ilusi optiknya. Kamu bisa membeli di toko furniture atau membuat sendiri di rumah. Hanya dengan kaca mini bulat, kamu bisa menambahkan kelopak di sekitarnya dengan sendok, tusuk sate atau besi bekas.

Dekorasi kaca matahari dapat digantung di ruang tamu sebagai focal point. Untuk dekorasi bohemian, tusuk sate sangat direkomendasikan sebagai pola desain yang mengelilingi kaca. Dengan membuat sendiri, kamu bisa menyesuaikan pola dengan selera dan gaya dekorasi hunian.

4. Papan Quotes

Hiasan Dinding Ruang Tamu Papan Quotes
Hiasan Dinding Ruang Tamu Papan Quotes | Gambar: Kotart.in

Butuh penyemangat? Papan quotes jawabannya. Papan ini mampu meningkatkan motivasi penghuni dengan kata-kata indah dan semangat menjalani kegiatan sehari-hari. Tidak perlu besar-besar, kamu bisa memanfaatkan papan kecil dan menulisnya tentang kutipan atau quotes. Kemudian, gantungkan papan tersebut di beberapa sudut hunian.

Agar tidak terkesan monoton, pilihlah papan yang memiliki ilustrasi atau gambar berwarna untuk menambah kesan estetik pada ruangan. Kamu juga bisa membuat sendiri sesuai kreativitas dan menulis quotes favorit seperti tema pendidikan, keluarga, komedi, kehidupan dan pekerjaan.

Baca Juga! Jenis-Jenis Furniture Ruang Tamu yang Bikin Makin Nyaman

5. Cermin Foam Modern

Hiasan Dinding Ruang Tamu Cermin Foam | Gambar: Woodenstreet.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Cermin Foam | Gambar: Woodenstreet.com

Pernah dengar cermin foam? Dekorasi ini sempat viral di TikTok karena terkesan unik dan estetik. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah hanya dengan beberapa bahan saja seperti sealant foam spray, cat tembok dan kaca. Cukup semprotkan pinggir kaca dengan foam spray berwarna di pinggir cermin, foam mirror sudah bisa digunakan.

Setelah kering, gantungkan cermin di ruang tamu seperti di sisi kanan atau kiri sofa. Pilihan dekorasi ini dapat dijadikan sebagai pilihan alternatif mirror sun. Beberapa gaya dekorasi hunian yang cocok untuk hiasan dinding ini yaitu boho, chic, minimalis, dan modern. Adapun pemilihan warna cat untuk foam spray perlu disesuaikan dengan tema hunian.

6. Daun Emas yang Menarik

Hiasan Dinding Ruang Tamu Daun Emas
Hiasan Dinding Ruang Tamu Daun Emas | Gambar: Biggo.id

Rekomendasi hiasan dinding satu ini menawarkan kesan mewah serasa anak sultan. Sebab, warna emasnya sangat elegan dan mewah. Tidak perlu emas asli, kamu bisa memanfaatkan material besi yang dicat emas. Besi tersebut dibentuk seperti daun asli yang tumbuh dan dibingkai.

Dekorasi daun emas sangat cantik jika digantungkan di dinding ruang tamu seperti di atas sofa, di sisi kanan atau kiri ruangan. Agar tidak terkesan sepi, kamu dapat memajang tiga pigura dengan bentuk daun yang berbeda-beda. Disebut cocok sebagai desain minimalis karena bentuknya yang ramping dan tidak memakan banyak tempat.

7. Rak Tanaman Hias

Hiasan Dinding Ruang Tamu Rak Tanaman
Hiasan Dinding Ruang Tamu Rak Tanaman | Gambar: Artwall.com

Ingin memiliki ruang tamu yang segar tetapi tidak ada tempat yang cukup untuk tanaman? Kamu dapat menggunakan rak kotak mini sebagai tempat pot tanaman indoor. Tanaman indoor mini yang bisa dipilih yakni kaktus dan pohon bonsai. Setelah rak digantung pada tembok, letakkan tanaman favorit di atasnya.

Ada berbagai bentuk rak di pasaran yang memiliki keunikan tersendiri mulai dari rak kotak, rak papan, hingga rak berbentuk segitiga. Selain diletakkan, ada juga rak yang digunakan dengan menempelkan pot. Kamu dapat menyesuaikannya dengan gaya dekorasi hunian. Selain tampak segar, kehadiran tanaman pada rak juga hemat tempat.

8. Gantungan Kunci Aesthetic

Hiasan Dinding Ruang Tamu Gantungan Kunci | Gambar: Wroughtworks.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Gantungan Kunci | Gambar: Wroughtworks.com

Bagi kamu yang mencari dekorasi dengan unsur praktis, sangat disarankan untuk memiliki gantungan kunci estetik. Selain kunci, kamu bisa menggunakannya sebagai tempat perhiasan. Jika ingin mendapatkan kesan eksklusif, gantungan berwarna emas solusinya. Cukup diletakkan di dinding yang kosong, tampilan ruang tamu semakin manis.

Kamu dapat menjumpai berbagai model gantungan mulai dari berbentuk lingkaran, laci hingga keduanya. Pilihlah desain yang serasi dengan gaya desain hunian baik dari sisi warna, bentuk hingga bahan. Pertimbangkan juga penggunaannya apakah cocok digunakan untuk menyimpan kunci, perhiasan, handphone atau tas.

9. Galeri dengan Berbagai Jenis Frame

Hiasan Dinding Ruang Tamu Galeri
Hiasan Dinding Ruang Tamu Galeri | Gambar: Kotart.in

Seperti yang diketahui bahwa ruang tamu berfungsi untuk menjamu tamu yang tengah mengunjungi rumah. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan ruangan ini sebagai sarana mengenalkan para anggota keluarga dengan memajang foto harmonis keluarga. Cukup susun beberapa foto pada dinding atas sofa.

Itulah penjelasan mengenai apa saja daftar hiasan dinding ruang tamu minimalis yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. Mulai dari kepala hewan artifisial, kaca, piringan, cermin foam, hingga galeri memiliki keunikan tersendiri dalam memperindah tampilan ruang tamu. Sehingga, penting untuk menyesuaikan dengan gaya desain dan tema ruangan.

Dari kepala hewan artifisial hingga galeri foto keluarga, ide-ide hiasan dinding untuk ruang tamu minimalis memberikan beragam pilihan yang dapat disesuaikan dengan gaya dan preferensi. Dengan menambahkan furniture seperti kabinet, kursi plastik dan tempat penyimpanan susun dari Olymplast membuat ruang tamu semakin nyaman.

authorFarahiyah Inarah Manages campaigns for Olympic Furniture & Olymplast, adding long-term value for consumers and the brand.
Editor : Hariz Nur Rohmad