Share

7 Inspirasi Dapur Minimalis Modern, Masak Lebih Semangat

Furniture Enthusiast · 16 Agustus 2024

Buat kamu yang suka hal berbau masak-memasak, dapur tentu akan menjadi tempat paling favorit kamu di rumah. Di sana kamu bisa menghabiskan banyak waktu untuk mengolah beragam bahan makanan. Oleh karena itu, dapur sebaiknya didesain dengan aman dan nyaman. 

Seperti konsep dapur minimalis modern yang kini marak digandrungi banyak orang. Terlebih adanya filosofi gaya hidup minimalis yang artinya sederhana namun tetap terlihat nyaman dan indah. Pencahayaan yang baik, teknologi dapur yang canggih menjadi kunci dalam konsep dapur modern ini. Sebagai inspirasi, ini lah 7 desain dapur minimalis modern yang akan membantu kamu mewujudkan dapur idaman.

Sederhana Tanpa Dekorasi

Dapur Minimalis Modern Sederhana Tanpa Dekorasi
Dapur Minimalis Modern Sederhana Tanpa Dekorasi | Gambar: Livespace.com

Konsep ini akan sangat cocok dengan desain dapur minimalis modern yang kamu mau. Tidak adanya dekorasi berlebih, membuat dapur terlihat lebih rapi. Pemilihan lampu gantung yang tepat juga akan menciptakan kesan industrial tanpa berlebihan. Contohnya, kamu bisa memilih model lampu gantung pijar dengan kerangka yang terbuat dari stainless steel yang akan menambah kesan unik di dapur kamu.

Dominan warna putih juga tentu akan membuat dapur terlihat jauh lebih bersih. Ditambah adanya sentuhan warna cokelat yang membuat dapur terlihat hangat dan tentu tidak akan membosankan untuk berlama-lama di dalamnya.

Motif Putih Mewah

Dapur Minimalis Modern Motif Putih Mewah
Dapur Minimalis Modern Motif Putih Mewah | Gambar: Livespace.com

Warna putih adalah warna netral yang akan sangat bagus dikombinasikan dengan warna apa saja. Seperti konsep desain dapur minimalis modern ini yang didominasi warna putih, tentu membuat dapur terlihat lebih luas dan terlihat bersih. 

Kamu juga bisa menambahkan dekorasi dengan menyimpan tanaman hias agar dapur terlihat segar. Adanya motif zig-zag pada dinding dapur membuat dapur terlihat lebih mewah dan elegan. Sebab motif zig-zag tidak akan terlihat kuno bahkan akan sangat nyaman dipandang.

Kitchen Set Sederhana

Dapur Minimalis Modern Kitchen Set Sederhana
Dapur Minimalis Modern Kitchen Set Sederhana | Gambar: Livespace.com

Desain dapur seperti ini juga masuk dalam konsep desain dapur minimalis modern yang tak kalah menarik untuk dicontoh. Kitchen set yang digunakan tidak mengelilingi ruangan dapur pada umumnya. Melainkan digantikan dengan adanya desain 2 jendela yang mengarahkan pemandangan di luar rumah. Selain untuk sirkulasi udara, adanya jendela ini membuat dapur menjadi terlihat terang dengan pencahayaan langsung dari matahari.

Motif bunga pada keramik dinding dapur juga memberikan sentuhkan dekorasi yang menarik dan terlihat cantik. Ditambah pencahayaan lampu warm white, yang semakin membuatnya terkesan hangat dan nyaman. Kombinasi warna cokelat pada furniture juga membuat dapur semakin menarik.

Baca Juga! 7 Inspirasi Desain Dapur Minimalis Modern Mewah Nan Elegan

Konsep Timeless Monokrom

Dapur Minimalis Modern Konsep Timeless Monokrom
Dapur Minimalis Modern Konsep Timeless Monokrom | Gambar: Livespace.com

Warna monokrom sudah lama menjadi primadona dalam dunia desain interior. Kesederhanaan dan keanggunannya mampu menghadirkan nuansa yang berbeda. Mulai dari kesan modern minimalis hingga klasik yang timeless tak lekang oleh waktu. Keunggulan itu yang membuat warna monokrom ideal untuk berbagai jenis ruangan.

Desain dapur minimalis modern juga bisa berkonsep monokrom yang tentu saja memiliki daya tarik tersendiri. Walaupun terlihat sederhana, tapi warna monokrom dapat menciptakan kesan yang elegan, karena memakai satu palet warna yang sudah terkoordinasi. Sehingga membuat dapur terlihat terang dan teratur. Penerapan warna monokrom yang tepat, akan membantu menciptakan ruangan estetis dan nyaman.

Kombinasi Warna Mencolok

Dapur Minimalis Modern Kombinasi Warna Mencolok
Dapur Minimalis Modern Kombinasi Warna Mencolok | Gambar: Livespace.com

Warna cream yang dominan pada desain dapur minimalis modern, akan memperlihatkan kesan dapur yang terang. Dilengkapi dengan lampu LED pada kitchen set, yang akan membuat kamu lebih fokus saat berada di dapur.

Pemilihan warna biru pada kitchen set bawah juga sebagai solusi untuk kamu yang suka dengan warna yang mencolok selain warna netral. Membuat dapur terlihat unik dan tidak monoton. Warna biru juga banyak digunakan untuk dekorasi rumah karena mampu menciptakan suasana yang menyenangkan di dalam hunian tersebut.

Kabinet Warna Pastel

Dapur Minimalis Modern Kabinet Warna Pastel
Dapur Minimalis Modern Kabinet Warna Pastel | Gambar: Livespace.com

Desain dapur minimalis modern tentu akan sangat melekat dengan warna-warna pastel. Walaupun warna pastel cenderung terkesan pucat, tapi warna-warna pastel akan terlihat lembut dan manis. Membuat suasana dapur menjadi tenang dan damai. Contohnya, penggunaan warna hijau pastel pada kitchen set bawah yang membuat tampilan dapur terlihat sejuk. 

Selain itu, warna hijau juga diyakini baik untuk kesehatan mata. Kamu juga bisa membuat mini bar sebagai area makan, dengan meletakkan dua kursi di sisinya. Desain ini cocok untuk kamu yang memiliki keluarga kecil atau di apartemen. Warna kursi cokelat alami juga membuat tampilan dapur menjadi lebih hidup. 

Bergaya Japandi

Dapur Minimalis Modern Bergaya Japandi
Dapur Minimalis Modern Bergaya Japandi | Gambar: Livespace.com

Pada umumnya konsep minimalis selalu berpacu pada warna-warna netral. Tetapi desain dapur minimalis modern kali ini berkonsep japandi. Adanya kombinasi warna pastel dan warna kayu menjadikan dapur terlihat segar. Warna pastel yang dipilih pada desain kali ini yaitu warna sage green. Warna ini terkesan klasik dan juga earthy. Penggunaan warna sage green pada ruangan dapat menciptakan kesan luas.

Ditambah dengan desain keramik motif pada dinding semakin membuat estetis tampilan dapur. Dalam konsep ini terlihat suasana dapur menjadi lebih nyaman dan tentu sangat menambah mood kamu saat memasak.

Dari semua inspirasi di atas, kira-kira desain manakah yang kamu mau? Pilihlah desain dapur minimalis modern yang akan membuat kamu dan keluarga happy saat berada di dalamnya dan menjadikan dapur sebagai spot favorit di rumah. Agar lebih maksimal, kamu bisa memilih kabinet dapur, tempat duduk plastik, meja plastik, dan rak penyimpanan dari Olymplast.

authorFurniture Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Hariz Nur Rohmad