Share

7 Inspirasi Desain Sekat Ruangan Kayu yang Estetik & Simple

Bagas Pambudiantono • 31 Jan 2024

Desain interior yang menarik dapat menciptakan tatanan ruangan yang estetis dan fungsional. Salah satu elemen yang dapat memberikan sentuhan unik pada ruangan adalah sekat ruangan kayu. Mulai dari desain multifungsi hingga pemilihan warna dan motif yang menarik. Sekat ruangan kayu tidak hanya menjadi pembatas fisik antar-ruang, tetapi juga merupakan dekorasi untuk mengekspresikan gaya dalam desain interior.

Beberapa Pilihan Desain Sekat Ruangan Kayu

Salah satu opsi menarik adalah sekat ruangan multifungsi, yang tidak hanya memisahkan ruang dengan indah, tetapi juga memberikan ruang ekstra untuk menampilkan seni atau hiasan. Desain sekat persegi panjang yang simpel dapat menjadi pilihan praktis, sementara sekat bergaya kontemporer dengan motif abstrak memberikan nuansa modern yang segar. Yuk, simak inspirasi ide untuk mempercantik ruang di rumah.

1. Sekat Ruangan Multifungsi

desain sekat kayu dan jadi rak hias
Sekat Ruangan Multifungsi | Gambar: helenklloyd.com

Desain sekat ruangan kayu yang pertama yaitu sekat ruangan multifungsi. Sekat ruangan kayu ini tidak hanya berfungsi untuk memisahkan ruang satu dengan yang lainnya. Melainkan, kamu bisa mengisi bagian ruangan kayu dengan pajangan seni yang menarik.

Kamu bisa meletakan beberapa ornamen seni, seperti patung ataupun furnitur kecil lainnya. Sekat ruangan seperti ini memiliki bentuk ruang yang berbeda-beda di setiap bagiannya. Jadi, kamu bisa bebas memilih barang apa yang bisa dipajang. Meskipun kamu tidak meletakkan hiasan di sekat ini, sekat desain ini tetap menarik dilihat. Terutama jika kamu meletakkan banyak hiasan di dalam rangka.

2. Sekat Persegi Panjang

desain sekat kayu dengan motif
Sekat Persegi Panjang | Gambar: iconmodern.com

Jika kamu menginginkan desain sekat ruangan ruangan kayu yang simpel dan praktis, maka bisa memilih desain sekat ini. Desainnya memiliki tinggi hanya setengah dari dinding. Sekat dengan desain ini sangat cocok dipadukan dengan dinding berwarna putih. Selain itu, desain seperti ini juga bisa kamu gunakan untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan.

Meski terlihat simpel dan kecil. Sekat seperti ini akan tetap terlihat menarik karena motifnya yang berbentuk persegi panjang. Persegi panjang ini juga ditata tidak lurus agar tidak terlihat membosankan. Desain seperti ini bisa kamu letakkan di antara ruang makan dan ruang membaca. Jadi lebih menarik bukan?

3. Sekat Bergaya Kontemporer

desain sekat kayu dengan dinding
Sekat Bergaya Kontemporer | Gambar: iconmodern.com

Jika kamu bosan dengan desain ruangan sekat kayu yang gitu-gitu aja. Kamu bisa mencoba gaya kontemporer. Misalnya dengan menggunakan motif yang tidak biasa digunakan orang lain. Salah satunya menggunakan motif garis lurus yang dibentuk abstrak. Motif abstrak ini bisa kamu tata sesuai dengan keinginan atau selera.

Desain motif ini bisa kamu tata berlawanan. Dengan menggunakan desain sekat ini, rumah akan terlihat antimainstream. Desain seperti ini biasanya diletakkan di dekat ruang tamu, karena bentuknya yang unik. Jadi, jika kamu membutuhkan penyekat yang minimalis dan modern, bisa memilih desain ini.

Baca Juga! 8 Tips Membuat Desain Ruang Tamu Minimalist Aesthetic

4. Sekat Garis Lurus

Desain sekat kayu ruangan dengan lukisan
Sekat Garis Lurus | Gambar: thisoldhouse.com

Desain sekat ruangan kayu lainnya yaitu berbentuk garis lurus. Meski terlihat klasik, sekat dengan desain seperti ini tetap menarik untuk digunakan. Sekat ini bisa kamu gunakan untuk memisahkan dua ruangan berbeda. Misalnya memisahkan ruang tamu dengan ruang makan. Jadi selain nampak estetik, ruangan bisa terpisah dan tertata dengan rapi.

Kamu bisa memilih warna cokelat ataupun warna yang senada dengan furnitur yang ada di rumah. Meski terlihat klasik, kamu tetap bisa menambahkan hiasan di dalam rangkanya. Kamu bisa menambahkan kayu dengan warna lain, agar terlihat seperti motif rangka. Di tiap rangkanya kamu bisa menambahkan hiasan berupa tanaman bunga dalam ukuran mini.

5. Sekat Foto dan Lukisan

desain sekat kayu dengan vas bunga
Sekat Foto dan Lukisan | Gambar: estatedrive.co.

Desain sekat ruangan kayu lainnya yang bisa kamu gunakan yaitu sekat dengan hiasan foto atau lukisan. Untuk desain seperti ini akan lebih cocok bila kamu menggunakan rangka berwarna coklat muda. Hal ini akan membuat foto yang dipajang akan lebih menonjol saat di pasang di rangka.

Karena adanya tambahan hiasan foto, sebaiknya kamu menggunakan desain ini apabila digunakan di ruang tamu. Selain membuat ruang tamu menjadi lebih cantik, sekat ini bisa kamu gunakan untuk menunjukkan memori bersama keluarga dan teman. Jadi, sekat ruangan tidak hanya digunakan untuk mempercantik rumah, melainkan untuk meletakan barang-barang di ruangan tamu.

6. Sekat Berwarna Emas

desain sekat kayu ruangan minimalis
Sekat Berwarna Emas | Gambar: home-designing.com

Jika kamu menginginkan desain sekat ruangan kayu yang tampak minimalis dan mewah, maka bisa memiliki sekat kayu yang berwarna emas. Desain ini bisa kamu tempatkan untuk mempercantik ruang tidur. Untuk peletakannya, kamu bisa memilih meletakan di sisi tempat tidur dan menutupi sebagian saja.

Khususnya bagi kamu yang menggunakan furnitur serba emas, maka bisa memilih sekat ini. Saat digunakan, warna emasnya akan terlihat menyala di dekat warna gelap. Karena warnanya yang sudah menyala, sekat ini tidak perlu ditambahkan banyak motif. Kamu bisa memilih motif lurus yang minimalis.

7. Sekat Berwarna Hitam

 desain sekat kayu ruangan warna hitam
Sekat Berwarna Hitam | Gambar: holzmill.ee

Jika kamu menyukai warna hitam, maka bisa memilih desain sekat ruangan kayu berwarna hitam. Desain berwarna hitam ini akan sangat cocok jika dipadukan dengan ruangan yang dominan hitam. Umumnya desain hitam cocok digunakan di dekat ruangan tidur. Kamu bisa memisahkan antara ruang tidur dan ruang bersantai yang ada di dekat tempat tidur.

Agar tampak menarik, kamu bisa meletakan sekat ruangan di bagian depan kasur. Sekat ruangan berwarna hitam memiliki kesan elegan. Jadi, kamu tidak perlu menambahkan motif lainnya di sekat berwarna hitam ini. Kamu cukup memilih sekat bergaya lurus yang simpel. Dari kejauhan, sekat ini akan terlihat menyatu dengan ruangan kamar yang serba hitam.

Dengan beragam ide desain sekat ruangan kayu, kini memiliki inspirasi untuk mengubah ruang di rumah menjadi area yang lebih estetis dan terorganisir. Pemilihan desain sekat yang tepat dapat menciptakan suasana nyaman. Jadi, jangan ragu untuk memilih Olymplast sebagai furniture rumahmu.

#Motif Sekat Kayu #Motif Sekat Kayu #Sekat Ruangan #Sekat Ruangan #Sekat Ruangan Kayu #Sekat Ruangan Kayu
Artikel Terkait