Share

8 Inspirasi Hiasan Dinding Ruang Tamu Aesthetic, Makin Bikin Betah

Bagas Pambudiantono · 02 Mei 2024

Mendekorasi ruang tamu menjadi tempat yang membuat betah adalah dambaan bagi banyak orang. Salah satu cara untuk menciptakan suasana yang menarik adalah dengan menambahkan hiasan dinding yang estetik. Dalam artikel ini, akan menghadirkan beberapa ide kreatif untuk hiasan dinding ruang tamu yang dapat memberikan sentuhan aesthetic yang memukau. Dari macrame rotan hingga papan selancar, ide-ide ini dijamin akan membuat ruang tamu kamu tampak lebih hidup dan memesona. Yuk, simak!

1. Macrame Rotan

Hiasan Dinding Ruang Tamu Macrame Rotan
Hiasan Dinding Ruang Tamu Macrame Rotan | Gambar: Amazon.com

Berencana menghiasi ruang tamu bohemian? Gantungan macrame tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, gantungan ini memiliki tampilan estetik yang bisa digunakan untuk meletakkan bunga atau tanaman hias palsu. Bingkainya terbuat dari kayu rotan dengan finishing natural sehingga menciptakan kesan alami pada ruangan.

Macrame rotan sangat cocok bagi penggemar unsur etnik. Hiasan ini terbuat dari tali rotan dan katun yang membentuk pola cantik. Pola yang unik inilah membuatnya semakin populer dan dicari banyak orang. Terlebih lagi, dekorasi ini mampu digunakan sebagai ornamen ruang tamu berinterior bohemian.

2. Jam Berkepala Rusa

Hiasan Dinding Ruang Tamu Jam Berkepala Rusa | Gambar: Aliexpress.com
Jam Berkepala Rusa | Gambar: Aliexpress.com

Berbeda dengan dekorasi pada umumnya, jam berkepala rusa dinilai unik dan eksklusif karena terdapat jam yang bergantungan di bawah mulut rusa. Angka penunjuk waktunya yang besar memudahkan pembaca memahami waktu. Desainnya yang langka membuat siapapun tidak bosan memandangnya.

Terlebih lagi, warna emasnya yang menyala terasa semakin mewah. Ukurannya yang besar membuat keberadaan jam ini tampak khas dan mencolok. Maka dari itu, sangat cocok dijadikan sebagai aksen dalam ruangan. Beberapa tema dekorasi yang dapat menggunakan hiasan ini yaitu industrial, modern dan klasik.

Baca Juga! Jenis-Jenis Furniture Ruang Tamu yang Bikin Makin Nyaman

3. Kaligrafi Tauhid

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kaligrafi Tauhid | Gambar: Kaligrafistorejepara.com
 Kaligrafi Tauhid | Gambar: Kaligrafistorejepara.com

Salah satu cara pengingat kita kepada Allah yakni memajang hiasan dinding ruang tamu aesthetic berupa kaligrafi bertema Islami. Dalam hal ini, kaligrafi tauhid sangat direkomendasikan. Sangat disarankan untuk memilih bahan akrilik atau plywood karena memiliki daya tahan yang baik.

Terlebih lagi, bahan plywood mempunyai Tingkat kerapatan lebih baik daripada MDF sehingga bisa menahan paku atau sekrup. Sama seperti sebelumnya, kaligrafi tauhid memiliki aksen mewah dengan beragam pilihan warna yakni silver, rosegold dan mirror gold. Kamu bisa menggantungnya di atas sofa, sisi kanan atau sisi kiri dinding.

4. Half Moon Mirror

Hiasan Dinding Ruang Tamu Half Moon Mirror | Gambar: 1stdibs.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Half Moon Mirror | Gambar: 1stdibs.com

Bagi kamu yang tengah mencari hiasan dengan ciri khas tersendiri, half moon mirror jawabannya. Cermin berbentuk setengah lingkaran ini membuat ruangan tampak lebih luas dan lega. Bisa dibilang bahwa hiasan ini memiliki signature tersendiri yang tidak dimiliki kaca pada umumnya.

Desainnya yang elegan dan sederhana cenderung lebih cocok jika dipasang pada ruang tamu minimalis bernuansa putih. Agar tidak terasa monoton, letakkan meja besi minimalis di bawahnya. Selain untuk menghias diri, kaca ini cukup instagramable sehingga sempurna dijadikan tempat mirror selfie untuk diunggah di sosial media.

5. Rak Bundar

Hiasan Dinding Ruang Tamu Rak Bundar
Hiasan Dinding Ruang Tamu Rak Bundar | Gambar: Mocka.co.nz

Hiasan dinding ruang tamu aesthetic berikutnya yakni rak bundar atau round shelf. Rak ambalannya sangat unik karena berbentuk bulat sehingga menambah kesan manis pada ruangan. Terbuat dari kayu, rak ini mampu memberikan sentuhan natural tersendiri sehingga ruangan terasa segar.

Dengan dua rak, kamu bisa memanfaatkannya untuk meletakkan buku, miniature atau pot tanaman mini indoor. Cara perawatannya pun cukup mudah dimana kamu hanya perlu membersihkannya dengan kain bersih atau lap saja. Untuk pemasangannya, sebaiknya diletakkan di sisi kanan atau kiri sofa untuk mengisi kekosongan dinding.

6. Memo Board

Hiasan Dinding Ruang Tamu Memo Board
Hiasan Dinding Ruang Tamu Memo Board | Gambar: Littleglassjar.com

Memo board ialah papan polos yang digunakan untuk menyimpan ide-ide pada tembok. Kebanyakan penghuni rumah memanfaatkannya sebagai reminder atau pengingat jadwal kegiatan sehari-harinya agar tertata dan tidak lupa. Selain mendorong produktivitas, hiasan ini juga mempercantik ruangan jika ditata dengan baik.

Ada beragam jenis papan memo atau reminder yang dapat digunakan seperti papan tulis yang dilengkapi rak, gantungan dan tempat penyimpanan. Kamu bisa memilih di antaranya sesuai kebutuhan dan gaya dekorasi. Untuk memudahkan mobilisasi dan akses, gantungkan papan dekat dengan pintu. Usahakan posisi papan tidak terhalang saat pintu dibuka.

7. Kain Bermotif

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kain Bermotif | Gambar: Craftsy.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Kain Bermotif | Gambar: Craftsy.com

Kain bermotif ternyata juga bisa dijadikan sebagai focal point ruang tamu untuk menarik perhatian. Kamu bisa memilih corak yang serasi dengan gaya dekorasi ruangan seperti boho, beach vibes atau rustic. Cara pemasangannya pun mudah karena kamu hanya perlu menggantungkan kayu sebagai tempat membentangkan kain di atasnya.

Banyak dekorasi kain bermotif di pasaran yang langsung pasang sehingga kamu tidak perlu merakit terlebih dahulu. Selain bermotif, ada juga kain yang bertuliskan kutipan atau quotes sebagai penyemangat mulai dari tema kehidupan, pekerjaan, keluarga, pertemanan hingga percintaan.

8. Papan Selancar

Hiasan Dinding Ruang Tamu Papan Selancar | Gambar: Craftsy.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Papan Selancar | Gambar: Craftsy.com

Pernah kepikiran menggunakan papan selancar sebagai hiasan dinding ruang tamu aesthetic? Hiasan ini cocok bagi kamu yang suka berselancar atau memiliki hunian dekat dengan pantai. Dengan begitu, ruang tamu memiliki suasana beach vibes yang sangat kental. Kamu hanya perlu memilih beberapa papan yang telah dilukis.

Kemudian, susun papan pada tembok dekat dengan anak tangga jika ada. Jika ingin memanfaatkan surfboard sebagai focal point, gantungkan papan di atas sofa tepatnya di bagian tengah ruangan. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menggunakan satu papan saja. Inspirasi dekorasi papan selancar juga membuat ruangan terasa segar seperti di pantai.

Dari gantungan macrame hingga papan selancar, ide-ide hiasan dinding untuk ruang tamu aesthetic membawa keindahan dan daya tarik tersendiri ke dalam ruangan. Dengan menambahkan sentuhan personal dan kreatif, ruang tamu kamu akan menjadi ruangan yang menginspirasi dan memukau. Lengkapi juga ruang tamu dengan sofa, meja tamu, kursi minimalis dan tempat penyimpanan dari Olymplast.

authorBagas PambudiantonoHandles advertising for Meta Marketplace and creates content on Furniture topics. Prefers minimalist and modern design.
Editor : Hariz Nur Rohmad