Share

8 Desain Ruang Tamu Minimalis 3x3 Simpel Mudah Ditiru Tapi Menarik

Hariz Nur Rohmad • 26 Mar 2024

Memiliki ruang tamu dengan ukuran 3x3 meter dengan desain estetis dan mempunyai fungsi maksimal tentu menjadi impian setiap orang. Dalam upaya menciptakan ruang tamu minimalis yang estetik, terdapat beragam pilihan gaya yang dapat kamu pertimbangkan. Mulai dari desain bernuansa alam hingga sentuhan modern yang elegan, setiap konsep memiliki daya tariknya sendiri.

Desain Ruang Tamu 3x3

Artikel ini menghadirkan serangkaian inspirasi desain ruang tamu minimalis 3x3 yang menarik, memberikan pandangan yang luas bagi kamu yang mencari referensi dalam menciptakan ruang tamu yang estetik namun efisien. Yuk, simak!

1. Bernuansa Hijau Alami

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Bernuansa Hijau Alami
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Bernuansa Hijau Alami | Gambar: Home-designing.com

Dengan ukuran ruang tamu 3x3, kamu bisa menghadirkan kesan alami untuk membuat ruangan terasa lapang dan luas. Apalagi jika kamu berencana meletakkan cukup banyak perabot di sana, seperti sofa, meja, hingga lemari. Sentuhan warna hijau dapat membantu memberikan kesan natural yang meminimalisir ruangan terasa padat dan sumpek.

Untuk menambah kenyamanan di ruang tamu, kamu juga bisa meletakkan beberapa bantal sofa hingga hiasan dinding yang memiliki warna senada. Tidak hanya nyaman, namun itu akan membuat ruang tamu menjadi lebih segar.

Namun pastikan bahwa furniture yang dipilih untuk melengkapi ruang tamu juga sudah disesuaikan dengan ukuran ruangan. Akan lebih baik jika mencari furniture minimalis yang multifungsi, contohnya meja dengan penyimpanan di bagian bawahnya. Jadi kamu bisa meletakkan barang seperti majalah atau koran di sana.

2. Japanese Scandinavian

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Japanese Scandinavian | Pixabay.com
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Japanese Scandinavian | Gambar: Pixabay.com

Desain Japanese Scandinavian bisa jadi pilihan bagus untuk ruang tamu minimalis 3x3 di rumah. Desain satu ini memang begitu diminati selama beberapa tahun belakangan ini, khususnya bagi kaum urban. Sebab dekorasinya yang simpel memungkinkanmu mendapatkan ruang tamu nyaman dengan effortless.

Meskipun termasuk sederhana, namun desain Japanese Scandinavian tetap sangat menarik di mata. Dengan ditunjang oleh material kayu yang memberikan kehangatan, ruang tamu bergaya Japanese Scandinavian mampu membuat siapapun betah berlama-lama.

Untuk menonjolkan desainnya tersebut, kamu bisa menambahkan keramik hingga aksesoris buatan tangan yang terlihat natural. Warna gelap yang dominan pada ruangan dan perabotnya akan semakin membuatnya terlihat menarik. Tidak perlu khawatir soal pencahayaan, kamu bisa memanfaatkan pencahayaan alami menggunakan jendela kaca besar.

3. Minimalis Monokrom

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Minimalis Monokrom
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Minimalis Monokrom | Gambar: Pixabay.com

Suka duduk di ruang tamu untuk mendapatkan inspirasi? Kamu bisa menerapkan desain minimalis monokrom di sana. Desain ini mampu memberikan kesan kalem pada ruang tamu, sehingga menghadirkan suasana yang tenang untuk duduk sambil berpikir.

monokrom benar-benar pilihan andalan buat kamu yang menyukai interior bergaya minimalis. Kesederhanaannya yang dihadirkan terlihat sempurna dengan perpaduan perabotan ringkas dan warna senada.

Tidak harus warna hitam dan putih, kamu juga bisa memilih warna netral lain seperti cream untuk menerapkan desain ini. Supaya ruang tamu minimalis 3x3 milikmu terlihat lebih hidup, tambahkan hiasan dinding sederhana seperti lukisan atau rak gantung warna senada.

Baca Juga! 7 Rekomendasi Model Kursi Minimalis Ruang Tamu Agar Makin Estetik

4. Penuh Karakter

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Penuh Karakter
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Penuh Karakter | Gambar: Pixabay.com

Tidak salahnya untuk memberikan desain dengan karakter yang kuat pada ruang tamu di rumah. Pasalnya ruangan ini memang menjadi tempat pertama yang akan dikunjungi oleh tamu saat mengunjungi rumahmu. Jadi karakternya yang kuat tentu dapat memberikan kesan yang kuat pula pada keseluruhan isi rumah.

Lantas, bagaimana cara menghadirkan desain penuh karakter di ruang tamu? Kamu perlu bermain dengan furniture yang digunakan. Pilih sofa, meja, hingga karpet yang semuanya terkesan lebih penuh karisma.

Misalnya gunakan sofa cantik bergaya huruf L, kemudian di belakang furniture utama diberi tambahan kabinet dengan berbagai hiasan. Penataan seperti ini tergolong anti mainstream, membuat suasana ruang tamu menjadi tidak terlupakan. Dan pemilihan sofa-L punyakelebihan tersendiri, modelnya dapat memberikan ilusi ruang yang terlihat lebih luas.

5. Modern Elegan

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Modern Elegan
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Modern Elegan | Gambar: Pixabay.com

Siapa bilang ruang tamu minimalis 3x3 tidak bisa dibuat menjadi elegan? Caranya yaitu dengan memanfaatkan pencahayaan pada ruangan tersebut. Perlu diketahui bahwa pencahayaan memang punya andil yang besar terhadap kualitas suatu ruangan.

Dengan menggunakan lampu gantung yang tepat, kamu bisa memperoleh ruang tamu minimalis yang terlihat elegan dan terkesan hangat. Apalagi pilihan model lampu gantung saat ini sangat bervariasi. Kamu bisa mencari desain yang simpel, artistik, hingga modern untuk melengkapi hunian.

Kemudian ruang tamu bisa lebih elegan dan terlihat mewah dengan tambahan sofa kulit. Bisa juga dipadukan dengan meja tamu berbahan kaca yang cantik, hingga kabinet berwarna putih berbahan kombinasi kayu dan metal yang menawan. Semua perpaduan tersebut akan membuat ruang tamu kamu kian bersinar.

6. Earth Tone Simpel

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Earth Tone Simpel
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Earth Tone Simpel | Gambar: Pixabay.com

Bentuk yang sederhana dan organik merupakan salah satu elemen penting dalam gaya minimalis. Jadi desain earth tone yang simpel sangat pas untuk diterapkan pada ruang tamu minimalis 3x3 di rumah. Banyak pula yang menyebutnya dengan istilah ‘membumi’, sebab semua unsur pada ruang tamu dilengkapi dengan segala hal yang sederhana.

Untuk menonjolkan kesan ini, kamu bisa menggunakan meja kayu, bangku kayu atau sofa berwarna coklat, hingga rak buku yang memiliki warna senada. Sebagai pemanis, tambahkan tanaman hias di ruang tamu.

Warna hijau pada tanaman hias mampu memberikan sentuhan lain yang menghadirkan warna tersendiri pada desain. Selain itu, adanya tanaman hias ini akan membuat ruang tamu terasa lebih segar dan meningkatkan kesan alaminya.

7. Kontemporer yang Intensif

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Kontemporer yang Intensif
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Kontemporer yang Intensif | Gambar: Pixabay.com

Berikutnya ada desain kontemporer yang intensif sebagai inspirasi untuk ruang tamu di rumah. Desain ini banyak dipilih di era modern seperti sekarang, karena mampu menciptakan kesan hunian kekinian yang memberikan kehangatan intens.

Kesannya tersebut membuat ruang tamu menjadi tempat yang begitu nyaman untuk bercengkrama. Guna menghadirkan kesan ini, kamu bisa memanfaatkan dukungan lantai beton yang dipadukan dengan dinding putih.

Apalagi dengan tambahan ornamen kayu dan jendela besar sebagai pelengkap. Cahaya yang bebas masuk ke dalam rumah membuat semua perpaduan ini menghadirkan visual indah yang begitu menawan. Meskipun sedang tidak ada tamu, sepertinya kamu akan betah berlama-lama di sana.

8. Futuristik Penuh Seni

Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Futuristik Penuh Seni
Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu Minimalis 3x3 Futuristik Penuh Seni | Gambar: Pixabay.com

Untuk ruang tamu minimalis 3x3, kamu juga bisa menerapkan gaya futuristik penuh seni yang akan membuat ruangan kian menawan. Meskipun terlihat rumit karena ada embel-embel ‘penuh seni’, sebenarnya tidak sulit menghadirkan desain ini.

Sebab pada dasarnya penataan ruang tamu hampir sama dengan gaya minimalis pada umumnya. Kamu hanya perlu menambahkan karya seni modern berukuran besar untuk menghidupkan suasana.

Misalnya pajang lukisan bergambar fotografi abstrak untuk mendapatkan kesan estetik dan futuristik. Karya seni cantik lainnya seperti gambar luar angkasa atau yang mampu menggambarkan situasi modern juga dapat dijadikan pilihan.

Dalam menata ruang tamu minimalis berukuran 3x3 meter, kreativitas dan pemilihan elemen desain yang tepat dapat mengubahnya menjadi pusat perhatian dalam rumahmu. Dari desain yang bernuansa alami hingga yang futuristik, setiap pilihan mencerminkan gaya dan kepribadian yang unik. Ada beberapa furniture yang bisa kamu lengkapi untuk ruang tamu seperti kursi plastik minimalis, tempat penyimpanan serbaguna dan meja minimalis dari Olymplast.

#Dekorasi Ruang Tamu #Desain Ruang Tamu #Hiasan Ruang Tamu
Artikel Terkait