Share

8 Pilihan Ide Dekorasi Ruang Tamu yang Bikin Tambah Aesthetic

Hariz Rohmad · 14 Mei 2024

Ruang tamu adalah salah satu ruangan terpenting dalam rumah yang sering digunakan untuk menerima tamu dan bersantai bersama keluarga. Oleh karena itu, penting untuk mendekorasi ruang tamu dengan cara yang tidak hanya nyaman tetapi juga estetis. Pada kali ini akan memberikan inspirasi dekorasi ruang tamu yang kekinian dan membuat betah, dengan berbagai gaya yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Dekorasi Ruang Tamu Kekinian

Mulai dari gaya Japandi klasik yang minimalis hingga ruang tamu vintage yang penuh karakter, setiap ide dekorasi menawarkan keunikan tersendiri. Dengan memilih elemen dekoratif dan furniture yang tepat, kamu dapat menciptakan ruang tamu yang tidak hanya indah tetapi juga fungsional. Yuk, simak!

1. Gaya Japandi Klasik

Dekorasi Ruang Tamu Gaya Japandi Klasik
Dekorasi Ruang Tamu Gaya Japandi Klasik | Gambar : Axxla.com

Rekomendasi dekorasi ruang tamu pertama yakni bergaya japandi klasik. Gaya ini menggunakan warna cerah dan dinding beraksen profil. Untuk furniturnya, pilihlah warna netral seperti abu-abu untuk menambahkan aksen elegan dan berwibawa tetapi tetap casual. Elemen alam juga perlu dibutuhkan untuk memperkuat citra Japandi pada ruangan.

Rekomendasi tanaman yang cocok dipadukan yakni boston fern, pohon kimunding, palem, sirih gading dan sejenisnya. Agar serasi, desain interiornya didominasi dengan penggunaan material kayu seperti pada lantai, atap dan beberapa furniture. Tambahkan juga beberapa elemen berbahan batu. Jangan lupa menggelar karpet untuk menambahkan kesan hangat.

2. Ruangan Tanpa Sekat

Dekorasi Ruang Tamu Ruangan Tanpa Sekat
Dekorasi Ruang Tamu Ruangan Tanpa Sekat | Gambar : Pexels.com

Ide dekorasi ruang tamu satu ini juga cocok untuk hunian minimalis agar tampak luas. Selain itu, layout atau tata ruang tanpa sekat membuat sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Bisa dibilang bahwa model ruang tamu ini bergaya modern. Ciri lainnya yakni penggunaan material kayu atau bata pada permukaan lantai atau atap.

Tidak perlu sekat untuk membatasi ruangan tetapi kamu hanya perlu menyisakan ruang kosong sebagai jarak antara ruang tamu dan ruangan-ruangan lainnya. Dalam hal ini, posisikan sofa empuk melingkari meja. Penempatan furniture tersebut berada di bagian tengah ruang tamu. Dalam pemilihan furniture, pertimbangkan warna kayu coklat gelap untuk dipadukan dengan aksen besi berwarna hitam.

 3. Modern Elegan

Dekorasi Ruang Tamu Gaya Modern Elegan | Gambar : Pexels.com
Dekorasi Ruang Tamu Gaya Modern Elegan | Gambar : Pexels.com

Dekorasi ruang tamu modern formal cocok bagi kamu yang suka gaya hidup eksekutif. Selain di kantor, kamu dapat menerapkan sentuhan formal di ruang tamu dengan memilih sofa kulit sebagai focal point ruangan. Sebab, jenis sofa ini mampu menghadirkan kesan mewah, formal dan mahal. Tambahkan juga sofa one bed di depan sofa four beds untuk menyeimbangkan elemen.

Kesan formal juga dapat didukung dengan penggunaan kabinet dan rak buku besar pada ruang tamu. Dengan begitu, tampilan ruangan mewakili tingkat kewibawaanmu saat rekan kerja menjamu di rumah. Peletakannya pun opsional bisa di belakang, samping atau berseberangan dengan sofa. Tambahkan bunga lili untuk memberikan kesejukan pada ruangan.

4. Gaya Mediterania

Dekorasi Ruang Tamu Gaya Mediterania | Gambar : Pexels.com
Dekorasi Ruang Tamu Gaya Mediterania | Gambar : Pexels.com

Desain mediterania memiliki daya tarik tersendiri karena kaya akan selera, warna dan aroma pada ruangan. Gaya ini juga mendukung gaya hidup santai dan ramah lingkungan. Bisa dibilang bahwa konsepnya menampilkan suasana santai yang didominasi dekorasi rustic atau pedesaan. Kamu bisa merasakan aksen suasana alam pedesaan Eropa ke dalam hunian.

Dalam hal ini, gunakan sofa bed empuk dan cushion bermotif khas Timur Tengah. Tonjolkan penggunaan warna cerah dan mural mosaic dengan menghadirkan batu kuning, merah tua atau biru kobalt. Mosaik ini dapat ditemukan pada lantai, dinding atau vas. Sementara itu, furniture yang digunakan memiliki tekstur warna yang sangat ikonik dan terkesan vintage.

Baca Juga! Jenis-Jenis Furniture Ruang Tamu yang Bikin Makin Nyaman

5. Berdinding Rak Buku

Dekorasi Ruang Tamu Berdinding Rak Buku
Dekorasi Ruang Tamu Berdinding Rak Buku | Gambar : Pexels.com

Ruang tamu berdinding rak buku cocok bagi para penghuni rumah yang suka membaca buku. Kamu bisa membangun rak buku di area dinding sebagai elemen dekoratif. Kemudian, isi dengan buku-buku favorit dan atur dengan rapi agar mudah menemukannya. Tambahkan elemen dekoratif lainnya seperti miniature, tanaman dan sejenisnya.

Untuk memudahkanmu mengakses buku, posisikan kursi di depan rak. Sehingga, kamu bisa mengambil dan meletakkannya dengan mudah sambil bersantai. Sangat disarankan untuk menempatkan kursi dan rak buku dekat dengan jendela agar memperoleh cahaya matahari yang cukup saat membaca. Tidak hanya penghuni, tamu yang datang juga akan terkesan oleh keberadaan koleksi bukumu.

6. Ala Korea

Dekorasi Ruang Tamu Ala Korea | Gambar : Thespruce.com
Dekorasi Ruang Tamu Ala Korea | Gambar : Thespruce.com

Bagi para pecinta drakor atau K-pop, tentu sangat tertarik dengan ruang tamu ala Korea. Ruang tamu ini didominasi dengan warna putih pada dinding, gorden, hingga langit-langitnya. Sofa three beds berwarna putih keabu-abuan cocok dipadukan dengan gaya dekorasi ini. Warna coklat soft atau krem digunakan sebagai kontras seperti pada pot, kursi dan rak.

Pada rak kayu minimalis, kamu bisa memajang barang vintage seperti radio lawas, vas, record viny dan miniatur. Tambahkan tanaman di sebelah kanan sofa untuk menyegarkan tampilan ruangan. Bisa disimpulkan bahwa gaya interior Korea menggabungkan gaya minimalis, vintage dan natural. Konsep ini sangat cocok diterapkan pada hunian minimalis.

7. Ruangan Berdinding Cermin

Dekorasi Ruang Tamu Ruangan Berdinding Cermin
Dekorasi Ruang Tamu Ruangan Berdinding Cermin | Gambar : Pexels.com

Jika sebelumnya berdinding rak buku, kini ada juga ruangan berdinding cermin. Menariknya, dekorasi ruang tamu ini membuat ruangan terbatas terasa lebih luas berkat ilusi optiknya. Ada efek dramatis yang diciptakan dalam penataan cermin. Terlebih lagi, jika cermin mampu memanfaatkan pantulan cahaya. Contohnya, memasang cermin kotak dengan sejajar.

Kemudian, letakkan sofa L di depan dinding cermin dan bersebelahan dengan meja mini. Di tengah ruangan, tambahkan meja tamu untuk menjamu. Kamu juga dapat menggunakan elemen dekorasi mengkilap pada meja atau vas. Untuk warnanya, gunakan warna netral seperti putih, hitam dan abu-abu. Sedangkan warna kontrasnya yakni biru tua dan emas.

8. Ruang Tamu Vintage

Dekorasi Ruang Tamu Ruang Tamu Vintage
Dekorasi Ruang Tamu Ruang Tamu Vintage | Gambar : Esdexigns.com

Desain ruang tamu yang tidak kalah menarik selanjutnya bertema vintage. Konsep ini menghadirkan atmosfer ruangan yang klasik. Maka dari itu, setiap dekorasinya berkaitan dengan hal usang dan lama. Mulai dari pajangan, furniture, maupun perabotan lainnya sehingga memiliki kesan mewah dan elegan.

Dalam hal ini, pilihlah elemen hunian dengan cermat. Contohnya, motif bunga pada wallpaper, sofa, lukisan dan cushion. Tambahkan sofa putih polos di seberang sofa dan letakkan cushion motif di atasnya. Sementara itu, cushion putih polos diletakkan di atas sofa bermotif agar elemen dekorasinya seimbang.

Dengan menerapkan salah satu dari delapan ide dekorasi ruang tamu ini, kamu bisa menciptakan ruang yang tidak hanya indah tetapi juga nyaman untuk ditempati. Setiap konsep menawarkan sentuhan unik, tempatkan beberapa furniture seperti sofa plastik, meja plastik dan tempat penyimpanan dari Olymplast yang dapat menambah karakter dan suasana pada ruang tamu. Jangan ragu untuk berkreasi dan jadikan ruang tamu tempat yang selalu menyenangkan.

authorHariz RohmadCreates content that helps users solve problems and provides recommendations. Expert in Home & Living topics.
Editor : Hariz Nur Rohmad