Share

6 Inspirasi Dapur Minimalis Modern Ukuran Kecil tapi Cantik

Furniture Enthusiast · 29 Agustus 2024

Siapa bilang ketika membangun rumah yang perlu diperhatikan hanya ruang tamu dan bagian depan saja? Bagian dapur juga menjadi ruangan yang juga tidak boleh luput dari perhatian kamu. Mengingat sekarang sudah banyak inspirasi dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik, maka kamu tidak perlu khawatir.

Tampilan Dapur Minimalis

Untuk mewujudkan dapur minimalis modern, dibutuhkan kombinasi cat, tata ruang dan perabot yang pas. Meski ruangan dapur kecil, jika pemilihan secara keseluruhan tepat, maka dapur tersebut akan tetap fungsional. Berikut inspirasi dapur minimalis modern yang bisa kamu sontek.

Simpel Dominasi Putih

Dapur Minimalis Modern Simpel Dominasi Putih
Dapur Minimalis Modern Simpel Dominasi Putih | Gambar: Hearstapps.com

Pertama adalah dapur simpel dengan dominasi warna putih di dalamnya. Memang warna putih terkesan sebagai warna yang cepat kotor. Tapi jika dipertimbangkan kembali, penghuni rumah pasti akan lebih sering membersihkan dapur bukan? Maka seharusnya tidak masalah. Estetika keindahan yang diberikan oleh warna putih juga memberikan kesan modern.

Pemilihan warna putih tidak harus dari catnya tapi bisa dimulai dari pemilihan kabinet. Pencahayaan yang pas juga membuat warna putih terkesan lebih bersih. Cara mengatur barang yang ada di dalam dapur juga harus rapi dan usahakan semuanya tertutup. Dengan begitu peralatan dapur lebih terorganisir dan mayoritas berada dalam kabinet.

Industrial Style

Dapur Minimalis Modern Industrial Style
Dapur Minimalis Modern Industrial Style | Gambar: Hearstapps.com

Kedua ada dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik dengan gaya industrial. Belakangan ini gaya industrial memang menjadi gaya favorit untuk dapur apalagi jika penghuninya pria. Perpaduan menarik antara warna cat yang terkesan gelap serta perabotan monokrom akan menunjukkan karakter kuat.

Agar tidak terkesan terlalu monoton, coba juga kombinasikan dengan beberapa furniture dari kayu. Penambahan barang dari kayu ini bisa menjadikan dapur lebih terasa nyaman. Ditambah lagi saat ini sudah banyak peralatan dapur yang menggunakan warna nude atau kayu. Nantinya dapur akan lebih terlihat rapi, senada dan punya ciri khas tersendiri.

Japandi Modern Minimalis

Dapur Minimalis Modern Japandi Modern Minimalis
Dapur Japandi Modern Minimalis | Gambar: Hearstapps.com

Ketiga adalah dapur dengan gaya Japandi minimalis modern yang menggabungkan estetika ala Jepang yang sederhana. Unsur Scandinavia juga diberikan untuk dapur gaya Japandi sehingga terlihat tidak monoton. Keunggulan dari dapur dengan gaya Japandi modern minimalis adalah membuat dapur terlihat jauh lebih bersih.

Penerapan warna cat yang dipilih untuk gaya Japandi biasanya berwarna putih, abu atau beige. Warna kayu atau bahkan bahan kayu juga cocok untuk dijadikan bagian dari furniture dapur. Nuansa yang diberikan oleh dapur bergaya Japandi ini adalah bersih, rapi dan terkonsep. Kabinet yang ada juga tersusun rapi sesuai fungsinya.

Baca Juga! Inspirasi Desain Dapur Minimalis dengan Lukisan Bikin Makin Estetik

Sederhana dan Berwarna

Dapur Minimalis Modern Sederhana dan Berwarna | Gambar: Stylebyemilyhenderson.com
Dapur Minimalis Modern Sederhana dan Berwarna | Gambar: Stylebyemily.com

Dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik selanjutnya adalah dapur sederhana tapi penuh warna. Jangan biarkan dapur hanya berisikan dengan peralatan dapur saja melainkan tambahkan juga bunga dan pernak pernik lain. Jangan ragu juga untuk menambahkan lukisan pada dinding dapur yang membuat dapur lebih vibrant.

Gunakan warna cat dinding yang lumayan mencolok seperti biru muda. Jika kamu tidak punya tambahan ruangan meja makan, sediakan meja kecil dengan dua kursi saja. Bisa dikatakan model ini cocok untuk pasangan pengantin baru.

Dapur Bernuansa Gelap

Dapur Minimalis Modern Dapur Bernuansa Gelap | Gambar: Stylebyemily.com
Dapur Minimalis Modern Dapur Bernuansa Gelap | Gambar: Stylebyemilyhenderson.com

Kelima, dapur dengan kabinet bernuansa gelap juga tak kalah menarik. Bahkan beberapa rumah modern saat ini lebih mengandalkan warna gelap untuk beberapa ruangan penting termasuk dapur. Jangan lupa tetap sediakan jendela yang bisa dibuka agar saat pagi hari cahaya bisa masuk. Warga gelap yang bisa dipilih bisa abu tua, hijau tua dan lainnya.

Pastikan seluruh perabotan bisa masuk ke dalam kabinet yang disediakan. Agar konsepnya terlihat jelas, disarankan memilih cat warna senada. Pastikan juga bahwa kabinet di dapur tersebut memiliki garis yang bisa jadi ciri khasnya. Motif garis pada kabinet secara tidak langsung mampu membuat kesan dapur lebih estetik meski nuansanya gelap.

Kombinasi Putih Cokelat

Dapur Minimalis Modern Kombinasi Putih Cokela
Dapur  Kombinasi Putih Cokelat | Gambar: Stylebyemily.com

Terakhir adalah dapur dengan kombinasi paling sederhana yakni warna cokelat dan putih. Pastikan seluruh barang yang terlihat di dapur memiliki kombinasi tersebut. Mulai dari peralatan dapur hingga hiasan dindingnya. Cat juga gunakan warna putih bersih agar menunjukkan kesan dapur yang terang, rapi, dan nyaman.

Beruntung saat ini sudah banyak perabotan dapur yang menggunakan warna putih. Hal tersebut membuatmu tidak perlu pusing memadukan warna dapur dan perabotan. Kabinet pada ruangan dapur tidak perlu menggunakan motif khusus. Sebaliknya, gunakan rak terbuka untuk menunjukkan beberapa barang unik yang kamu miliki.

Jadi itu dia inspirasi dapur minimalis modern ukuran kecil tapi cantik yang bisa kamu terapkan di rumahmu. Memiliki dapur impian mengharuskan kamu kreatif menyusun tiap ruangan serta perabotannya. Agar mudah mewujudkan dapur impianmu, tambahkan furnitur seperti tempat rak bumbu, kabinet dan rak penyimpanan dari Olymplast yang bisa kamu beli di Mitra Olymplast.

authorFurniture Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Furniture Enthusiast