Share

8 Inspirasi Foto Desain Rumah Besar yang Mewah Terbaru

Bagas Pambudiantono · 01 Juli 2024

Desain rumah besar dan mewah selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi orang yang ingin merasakan kemewahan dalam hunian mereka. Memiliki rumah dengan ukuran yang luas dan fasilitas lengkap tidak hanya mencerminkan status sosial, tetapi juga memberikan ruang yang cukup untuk beraktivitas dan bersantai dengan gaya yang elegan. 

Referensi Rumah Mewah

Dari arsitektur modern hingga elemen klasik yang dikombinasikan dengan detail estetika, rumah-rumah ini mampu menghadirkan suasana yang menginspirasi dan memukau. Setiap desain menawarkan keunikan tersendiri, mulai dari konsep rumah dengan kolam renang yang luas hingga rumah dengan taman hijau yang asri. Yuk, simak!

1. Rumah 2 Lantai

Desain Rumah Besar Mewah Kolam Renang 2 Lantai
Desain Rumah Besar Mewah Kolam Renang 2 Lantai | Gambar: Supernnsk.life

Rumah besar mewah satu ini terdiri dari dua lantai dengan dua balkon yang menjorok ke depan dan balkon di tengahnya berada di belakang. Setiap balkonnya bisa digunakan sebagai ruang bersantai sehingga cocok ditempati oleh keluarga besar. Desain rumah ini serba putih mulai dari lantai, dinding, hingga detail dekorasi seperti kursi, meja dan sofa.

Menariknya, rumah megah ini memiliki kolam renang di depannya sebagai focal point. Di sekelilingnya terdapat susunan lantai berbentuk segi empat dengan bentuk berbeda-beda. Pencahayaannya pun optimal dengan meletakkan beberapa lampu di sekeliling kolam. Di sisi kiri kolam, terdapat sofa luas dan kursi pantai seperti di resort Bali.

2. Rumah Green Roof

Desain Rumah Besar Mewah dengan Atap Green Roof
Desain Rumah Besar Mewah dengan Atap Green Roof | Gambar: Home-designing.com

Untuk memberikan kesan asri dan segar, terapkan konsep green roof atau roof garden pada rumah. Keberadaannya mampu memperbaiki kualitas lingkungan di perkotaan serta pemukiman padat. Tanaman yang ditanam pun menyerap udara panas yang ekstrim di siang hari dan melepasnya di malam hari sehingga suhu ruangan lebih rendah 3-4 derajat Celcius.

Bahkan, kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat relaksasi atau hangout seru bersama anggota keluarga atau teman. Kamu bisa melepas penat, bersantai, bercengkrama sambil mengadakan pesta barbeque. Kamu pun tidak perlu lagi pergi jauh-jauh hanya untuk mencari spot bersantai dengan orang tercinta.

3. Rumah Berkolam Luas

Desain Rumah Besar Mewah dengan Kolam Renang Luas
Desain Rumah Besar Mewah dengan Kolam Renang Luas | Gambar: saterdesign.com

Rumah besar mewah selanjutnya dilengkapi dengan kolam renang yang luas di depan rumah yang cocok bagi kamu dengan hobi berenang. Selain berolahraga, kamu bisa berelaksasi tanpa perlu pergi keluar rumah. Lengkapi kolam renang dengan beberapa tanaman hijau agar mempersegar panorama rumah.

Agar ruangan terasa lebih terang dan cerah, gunakan pintu dan jendela berbahan kaca agar sinar matahari mudah masuk ke dalam ruangan dengan bebas. Pantulan sinar dari kolam renang di siang hari pun turut menambah kesan tropis. Sirkulasi udara juga menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, tampilan rumah jadi lebih stylish dan modern.

4. Rumah Bersofa Santai

Desain Rumah Besar Mewah dengan Sofa Santai
Desain Rumah Besar Mewah dengan Sofa Santai | Gambar: Home-designing.com

Mirip dengan beach resort, desain rumah megah dan mewah ini memiliki kolam renang kaca di depannya yang berada di bawah. Bisa dibilang bahwa setiap lantai rumah tersusun seperti anak tangga yang menjorok dari depan ke belakang. Ruang kosong di teras dipenuhi dengan berbagai jenis kursi mulai dari kursi pantai, sofa, hingga meja makan.

Dengan begitu, berbagai kegiatan terasa seru dan nyaman dilakukan sekaligus disini seperti berenang, bersantai, berjemur, relaksasi, pesta barbeque, bercengkrama hingga berolahraga. Di sekitar teras dan balkon, ada sejumlah tanaman hijau yang memberikan kesan asri dan sejuk sehingga udara terasa segar.

5. Rumah Full Kaca

Desain Rumah Besar Mewah Full Kaca
Desain Rumah Besar Mewah Full Kaca | Gambar: Sellvavs.life

Inspirasi rumah megah selanjutnya yakni full kaca transparan. Desain interior dan eksterior memadukan gaya klasik dan natural sehingga serasi dengan panorama hijau sekitar hunian. Hal ini terlihat dari detail furniture yang menawan serta berkelas mulai dari kursi berbahan kulit, meja kaca hingga karpet berbulu.

Jika khawatir akan privasi pada momen tertentu, gunakan tirai atau pencahayaan. Untuk menghadirkan hunian dengan suasana liburan sepanjang tahun, tambahkan platform kayu, furniture santai serta kolam renang. Kamu bisa mengatur sedemikian rupa agar bagian bangunan tetap terlindungi dan biarkan panorama terekspos secara maksimal.

Baca Juga! Ide 8 Desain Kamar Tidur Minimalis dan Estetik, Semakin Menarik

6. Kolam 2 Lantai

Desain Rumah Besar Mewah 2 Lantai
Desain Rumah Besar Mewah 2 Lantai | Gambar: Sellvavs.life

Mirip seperti rumah dengan lantai-lantai yang tersusun menjorok, tetapi desain rumah ini memiliki kolam renang di 2 lantainya. Kolamnya juga memiliki sistem pencahayaan bawah air sehingga kolam dapat digunakan untuk berenang dengan nyaman di malam hari. Menariknya, rumah modern ini memiliki alat perapian mini yang mampu menghangatkan badan.

Berbagai jenis kursi santai tersusun sedemikian rupa di sekitar teras dan balkon mulai dari sofa, kursi pantai, hingga kursi rotan. Ada juga dapur dekat dengan kolam sehingga kamu bisa menikmati hidangan lezat ditemani panorama kolam dan alam sekitar secara langsung. Adapun warna yang mendominasi hunian yakni hitam, putih dan abu-abu.

7. Sofa Samping Kolam

Desain Rumah Besar Mewah Sofa Samping Kolam
Desain Rumah Besar Mewah Sofa Samping Kolam | Gambar: Buildofy.com

Pilihan rumah berikutnya yakni dengan susunan sofa di samping kolam dan rumah. Spot sofanya pun teduh karena memiliki atap dan dinding di satu sisi saja. Dengan begitu, kamu bisa bersantai baik di siang hari maupun saat cuaca hujan. Sistem pencahayaannya pun optimal mulai dari sudut dinding, sudut lantai hingga bawah air di kolam.

Dengan begitu, hunian terasa terang dan cerah di malam hari. Kamu pun nyaman menghabiskan waktu berlama-lama di ruang terbuka meski di malam hari. Menariknya, ada loudspeaker di langit-langit ruang bersantai dengan sofa. Ruangan pun bisa dimanfaatkan sebagai tempat menggelar pesta bersama.

8. Rumah Bertaman Luas

Desain Rumah Besar Mewah Taman Luas
Desain Rumah Besar Mewah Taman Luas | Gambar: Indiaartndesign.com

Jika tidak tertarik dengan keberadaan kolam, kamu bisa memanfaatkan lahan luas dengan membiarkannya begitu saja dan menjadikannya taman yang luas. Hamparan rumputnya yang hijau memberikan kesan asri sehingga berbagai kegiatan seru bisa dilakukan seperti piknik, pesta pernikahan atau perkumpulan lainnya.

Agar tidak terkesan monoton, tambahkan patung di tengah teras depan sebagai focal point. Tidak lupa juga memaksimalkan pencahayaan dengan menyediakan lampu tempel di setiap pilar dan sisi rumah dan taman. Adapun pewarnaan yang dipilih yakni aksen coklat dari penggunaan material kayu serta batu.

Inspirasi desain rumah besar dan mewah ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana menciptakan hunian yang tidak hanya luas tetapi juga indah. Dengan mempertimbangkan elemen-elemen seperti pencahayaan, tata letak, pemilihan furnitur, dan material yang digunakan. Kamu bisa melengkapi dengan furnitur tempat penyimpanan, kursi minimalist dan rak serbaguna dari Olymplast.

authorBagas PambudiantonoHandles advertising for Meta Marketplace and creates content on Furniture topics. Prefers minimalist and modern design.
Editor : Hariz Nur Rohmad