Share

Ide 8 Desain Kamar Tidur Minimalis dan Estetik, Semakin Menarik

Hariz Rohmad · 13 Mei 2024

Dalam menciptakan suasana yang nyaman dan estetik di kamar tidur minimalis, banyak ide desain menarik yang dapat diexplore. Mulai dari konsep simple bohemian yang penuh dengan barang-barang vintage hingga desain simetri yang menghadirkan keseimbangan visual yang menawan. Pada kali ini akan mengulas inspirasi desain kamar tidur minimalis yang bisa membuat ruangan menjadi tempat yang betah untuk beristirahat. Yuk, simak!

Pilihan Kamar Minimalis

1. Simple Bohemian

Kamar Tidur Minimalis Simple Bohemian
Kamar Tidur Minimalis Simple Bohemian | Gambar: Pexels.com

Contoh konsep kamar tidur mewah modern minimalis pertama yakni simple bohemian. Model ini bisa dijadikan sebagai salah satu ide kamar minimalis baik dari remaja hingga dewasa. Gaya yang biasa disebut boho ini terinspirasi dari cara hidup kaum nomaden di Eropa. Dekorasinya identik dengan penggunaan barang antic atau cintage.

Kamu bisa menerapkan konsep sederhana ini dengan menggunakan warna putih pada dinding, gorden dan sejumlah dekorasi. Kemudian, kontraskan warna dengan warna coklat seperti pada lampu, meja, selimut dan pot tanaman. Adapun material yang digunakan berupa kayu.

2. Nuansa Alam

Kamar Tidur Minimalis Nuansa Alam | Gambar: Pexels.com
Kamar Tidur Minimalis Nuansa Alam | Gambar: Pexels.com

Bagi para pecinta lingkungan atau memiliki hobi menanam, desain kamar tidur bernuansa alam boleh dicoba. Pasalnya, desain ini memiliki tema dekorasi pohon palem yang berada di dalam kamar sehingga memberikan kesan segar dan alami pada ruangan. Tentunya, penghuni akan merasa tenang dan damai berkat sensasi pohon palem yang menyejukkan.

Penggunaan material kayu pada ranjang, lampu dan dekorasinya mendukung nuansa natural. Untuk menonjolkannya, gunakan warna putih sebagai warna dasar ruangan seperti pada dinding, gorden, sprei, selimut, meja dan lantai. Untuk mengisi dinding yang kosong, kamu bisa menggantungkan lampu dan beberapa lukisan.

3. Modern Serenity

Kamar Tidur Minimalis Modern Serenity | Gambar: Pexels.com
Kamar Tidur Minimalis Modern Serenity | Gambar: Pexels.com

Mungkin kamu masih asing dengan desain modern serenity. Gaya ruangan ini memiliki dinding berwarna putih cerah. Sebagai kontras, warna putih dipadukan dengan warna hitam sehingga menciptakan kesan sederhana, rapi dan elegan. Gunakan motif pada kasur, selimut atau karpet.

Adapun focal pointnya memanfaatkan ranjang yang cukup luas dengan meletakkannya di tengah ruangan. Terdapat meja kamar mini pada bagian kanan dan kirinya. Untuk menyeimbangkan desain, tempelkan lampu tidur pada dinding tepat di atas masing-masing meja. Untuk menciptakan kesan luas pada ruangan, tambahkan kaca berhadapan dengan jendela.

Baca Juga! 6 Jenis Furniture yang Wajib Ada di Kamar Tidur

4. Kamar Wall Moulding

Kamar Tidur Minimalis Kamar Wall Moulding
Kamar Tidur Minimalis Kamar Wall Moulding | Gambar: Gramedia.com

Salah satu unsur dekorasi yang dapat diterapkan pada kamar tidur minimalis yani wall moulding. Dekorasi ini membuat ruangan terkesan elegan dan rapi secara bersamaan. Hindari penggunaan wall moulding bermotif karena memberikan kesan klasik pada ruangan. Wall moulding polos berwarna netral seperti putih dan abu-abu lebih direkomendasikan.

Dengan begitu, kamar terasa lebih bersih dan luas karena mampu memantulkan sinar matahari yang masuk melalui jendela. Unsur dekorasi ini cocok dipadukan dengan berbagai gaya desain seperti modern, industrial dan American. Pola atau motifnya juga beragam mulai dari kotak, persegi panjang hingga garis vertikal.

5. Desain Mezzanine

Kamar Tidur Minimalis Desain Mezzanine
Kamar Tidur Minimalis Desain Mezzanine | Gambar: Pexels.com

Konsep mezzanine ialah ruang ekstra di atas lantai dasar. Selain ruang tamu, konsep ini juga dapat diterapkan pada kamar tidur. Contohnya, ruang kosong di atas digunakan sebagai tempat meletakkan lemari. Namun, kebanyakan orang memanfaatkannya untuk menambahkan ranjang agar ruangan dapat digunakan oleh dua orang.

Pilihan desain lain juga bisa mengoptimalkan ruang kosong di bawah sebagai tempat bersantai atau belajar sedangkan di atas digunakan sebagai tempat tidur. Kamu dapat berkreasi sesuai kebutuhan atau penggunaan ruang tidur seperti bekerja, bermain atau bermusik.

6. Desain Simetri

Kamar Tidur Minimalis Desain Simetri | Gambar: Pexels.com
Kamar Tidur Minimalis Desain Simetri | Gambar: Pexels.com

Punya loteng tidak terpakai? Kamu bisa menyulapnya menjadi kamar tidur minimalis yang nyaman. Konsistensi dalam kesederhanaannya dibalut palet netral dan sentuhan simetri. Mulai dari atap langit, lampu, meja hingga hiasan. Ide dekorasi ini dapat kamu jadikan sebagai pilihan unik kamarmu.

Terlebih lagi, kamu tidak perlu menambahkan furniture atau hiasan terlalu banyak mengingat ruangannya yang cukup sempit. Cukup tambahkan meja berlaci di bagian sisi kanan dan kiri dinding. Gunakan lampu gantung agar tidak memakan ruangan cukup banyak. Tidak lupa juga menambahkan tanaman indoor untuk menambah kesan segar pada ruangan.

7. Konsep Terbuka

Kamar Tidur Minimalis Konsep Terbuka
Kamar Tidur Minimalis Konsep Terbuka | Gambar: Pexels.com

Open space atau konsep ruangan terbuka dapat diterapkan pada kamar tidur. Desain ini membuat ruangan terasa lebih luas berkat pencahayaannya. Selain itu, rumah juga memiliki aliran udara yang maksimal karena tidak ada dinding atau sekat yang menahan udara. Dengan begitu, penghuni lebih sehat karena paparan sinar matahari.

Apalagi jika hunian memiliki panorama yang indah di sekitarnya, sebaiknya membuat jendela menghadap pemandangan. Akan tetapi, arah sinar matahari masuk lebih diutamakan. Konsep ruangan ini bisa dipadukan dengan sejumlah gaya dekorasi seperti boho style, modern, industrial dan shabby chic. Perhatikan pemilihan warna atau shade, tekstur dan desain furniture agar senada.

8. Ranjang Berbingkai

Kamar Tidur Minimalis Ranjang Berbingkai
Kamar Tidur Minimalis Ranjang Berbingkai | Gambar: Pexels.com

Ketinggian ranjang sangatlah penting bagi ruang tidur minimalis. Ranjang berbingkai bisa jadi pilihan unik yang membuat ruangan terasa lebih luas berkat bingkai di atasnya yang berbentuk vertikal. Sangat disarankan untuk mengecat bingkai dengan warna kontras seperti suede atau hitam.

Dengan begitu, tempat tidur berfungsi sebagai focal point pada ruangan yang tampak menonjol. Untuk mengisi ruang kosong di depan ranjang, letakkan bangku bermotif senada dengan selimut atau bantal. Jangan lupa menggelar karpet berbulu berwarna putih di bawah tempat tidur. Kemudian, kamu bisa meletakkan furniture tambahan seperti meja sesuai selera.

Memilih salah satu dari delapan inspirasi desain kamar tidur minimalis ini, kamu dapat menciptakan ruang tidur yang tidak hanya fungsional, tetapi juga menghadirkan keindahan visual yang estetik. Dari konsep terbuka yang memberikan kesan luas hingga desain modern serenity yang menawarkan kesejukan, lengkapi juga dengan beberapa furniture seperti lemari pakaian plastik, kursi minimalis, tempat pakaian serbaguna dan divan plastik modern dari Olymplast. Jadikan kamarmu semakin nyaman!

authorHariz RohmadCreates content that helps users solve problems and provides recommendations. Expert in Home & Living topics.
Editor : Hariz Rohmad