Share

Cek 9 Inspirasi Terbaru Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial

Ristyawan Kautsar · 07 Mei 2024

Dinding merupakan kanvas yang sempurna untuk mengekspresikan gaya dan kepribadian dalam desain interior ruang tamu. Saat ini, gaya industrial semakin populer dan menarik perhatian banyak orang yang menginginkan tampilan ruang tamu yang unik dan modern. Dengan sentuhan hiasan dinding yang tepat, kamu dapat menciptakan ruang tamu bergaya industrial yang memukau.

Hiasan Dinding Bergaya Industrial

Berikut adalah beberapa inspirasi terbaru untuk hiasan dinding ruang tamu dalam gaya industrial yang patut kamu pertimbangkan. Yuk, simak!

1. Palet Warna

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Palet Warna
Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Palet Warna | Gambar: Medium.com

Sebelum membahas tentang berbagai jenis hiasan dinding terbaik untuk digunakan maka perlu memperhatikan pilihan palet waranya. Untuk hunian yang bertema industrial maka lebih cocok menggunakan warna tua dan usang dengan banyak variasi. Beberapa hal yang bisa ditambahkan yaitu berupa aksen tanah hingga warna besi atau baja.

Warna coklat yang tergambar seperti terbakar menjadi salah satu inspirasi yang cukup menarik dan nyaman untuk diterapkan pada desain ruang tamu. Selain itu, penggunaan warna metalik juga dianggap memainkan peranan yang cukup penting untuk meningkatkan kesan metalik pada ruangan industrial. Melengkapinya dengan hiasan sedikit warna putih dapat mempercantik tampilan ruangan.

2. Rak TV Gantung

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Rak TV Gantung
Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Rak TV Gantung | Gambar: Bstatic.com

Pemilihan rak TV yang ideal dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan lingkungannya. Kamu harus menghindari penggunaan desain yang berani dan bertekstur atau berwarna pudar. Pemilihan rak TV perlu menghindari desain dengan pola abstrak atau geometris untuk menjaga kesederhanaannya. Pastikan Kamu tidak salah dalam menentukan pilihan.

Aneka warna rak TV yang layak dijadikan pilihan diantaranya navy, abu-abu dan merah gelap yang mampu melengkapi dekorasi ruang tamu industrial. Rekomendasi pilihan karpet yang menarik bisa menggunakan gaya oriental, karpet tenun bergaya tradisional dan etnik. Dinamisme ekstra dapat terwujud dari teknik pelapisan karpet yang dijadikan pilihan.

3. Jendela Besar

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Jendela Besar
Hiasan Dinding Ruang Tamu Jendela Besar | Gambar: Susercontent.com

Ide dekorasi berikutnya yang bisa digunakan yaitu memasang jendela besar untuk membantu pencahayaan yang natural. Tampilan ini tentunya akan sangat unik dan mampu menarik perhatian tamu yang datang. jenis kaca yang cocok dijadikan pilihan adalah kaca bening dengan pinggiran menggunakan warna gelap untuk menambahkan kesain industrialnya.

Kamu kemungkinan perlu mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk bisa memiliki ruang tamu dengan kaca besar. Pemilihan konsep ruangan yang tepat memang dianggap mampu memberikan efek mewah dan keren pada ruang tamu. Jika Kamu memiliki budget lebih maka bisa memilih untuk menambahkan kaca berukuran besar sebagai agar ruangan menjadi lebih cerah dan menyegarkan.

Baca Juga! Jenis-Jenis Furniture Ruang Tamu yang Bikin Makin Nyaman

4. Rak Dinding Industrial

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Rak Dinding Industrial | Gambar: Alicdn.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Rak Dinding Industrial | Gambar: Alicdn.com

Menambahkan kesan menarik pada ruang tamu memang terbilang cukup sulit. Kamu perlu pandai dalam menggabungkan beberapa furniture agar terlihat mewah dan berkesan. Salah satu furniture yang bisa ditambahkan yaitu dengan menggunakan rak dinding industrial. Rak ini bisa digunakan untuk meletakkan tanaman hias, foto, atau lukisan-lukisan menarik.

Dekorasi yang cantik ini bisa dilengkapi dengan penggunaan cat dinding berwarna hitam sehingga mampu memberikan proyeksi getaran maskulin. Desain ini banyak dijadikan pilihan bagi yang ingin mendapatkan kesan maskulin pada ruang tamu. Menyusunya secara zig zag atau bertingkat dirasa menjadi alternatif tata letak yang tepat dan terbaik.

5. Lampu Gantung Industrial

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Lampu Gantung Industrial
Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Lampu Gantung Industrial | Gambar: Susercontent.com

Inspirasi cantik berikutnya yang cocok dijadikan pilihan yaitu menambahkan lampu gantung. Inspirasi ini muncul dari bangunan yang sudah tidak terpakai dengan ciri khas instalasi listrik lengkap namun menggunakan lampu bohlam dengan menggunakan kabel panjang. Hal ini bisa ditambahkan untuk mempercantik kesan ruangan dan memperkental gaya industrialnya.

Jika bosan dengan lampu yang itu-itu saja, Kamu bisa memilih menggunakan lampu berbentuk hexagon yang terlihat lebih futuristik. Untuk bisa mendapatkan lampu gantung yang estetik dan mendukung desain interior ruangan maka Kamu perlu mengeluarkan biaya mulai dari Rp 200.000 – Rp 900.000. Bagaimana? Apakah tertarik untuk menerapkannya?

6. Lukisan

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Lukisan | Gambar: Susercontent.com
Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Lukisan | Gambar: Susercontent.com

Hal berikutnya yang bisa ditambahkan untuk hiasan dinding ruang tamu industrial adalah berupa lukisan. Pemilihan lukisan yang tepat tentu mampu memberikan efek ruangan lebih cantik dan menarik. Gaya industrial ini memang terbilang sangat unik dan banyak diminati. Jika tata letak dan juga furniture yang digunakan sudah tepat, maka semua akan terlihat indah.

Memadukan penggunaan furniture yang satu dengan lainnya memang dianggap mempengaruhi hasil akhir tampilan. Oleh karena itu, dalam penentuan pilihan lukisan serta ukuran yang akan diletakkan pada ruang tamu bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing ruang. Kamu bis amemilih menggunakan lukisan seperti contoh gambar ini.

7. Karya Seni Industrial

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Karya Seni Industrial
Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Karya Seni Industrial | Gambar: Tokolaris.id

Strategi berikutnya yang bisa dilakukan untuk menciptakan kesan interior ala industrial lebih kuat yaitu dengan menambahkan karya seni artistik. Untuk membuat desain gambar pada dinding ini tentu tidak akan memakan biaya yang besar. Kamu hanya perlu memilih desain sederhana yang mampu mempercantik tampilan agar ruang tamu terkesan lebih minimalis.

Kunci dalam menentukan pilihan dekorasi yang tepat bisa dilakukan dengan cara melihat dan menyesuaikannya dengan keseluruhan desain interior mulai dari cat dinding hingga furniture yang digunakan. Kamu harus mencari banyak referensi untuk bisa menciptakan desain ruangan industrial yang terbaik dengan menambahkan furniture dan hiasan unik.

8. Wallpaper Motif Batu Bata Ekspos

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Motif Batu Bata
Hiasan Dinding Ruang Tamu Motif Batu Bata | Gambar: Tokolaris.id

Seperti yang diketahui bahwa desain ruangan dengan gaya industrial ini identik dengan struktur-struktur bangunan unfinished. Untuk melengkapi gaya tampilannya, maka Kamu bisa memilih menggunakan wallpaper motif batu bata ekspos agar terkesan semakin maskulin. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk membeli wallpaper motif has industrial ini tentunya bergantung dengan ukuran dari ruang tamu hunian.

Selain motif batu bata, Kamu bisa menentukan pilihan motif lainnya yang dirasa cocok untuk melengkapi dekorasi ruangan. Pemilihan motif unik ini dianggap lebih efisien dibanding membangun kembali ruang tamu dari awal. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendesain ruangan secara lebih menarik tanpa biaya besar dan pengerjaan berat.

9. Tanaman Hias Gantung

Hiasan Dinding Ruang Tamu Industrial dengan Tanaman Hias Gantung
Hiasan Dinding Ruang Tamu Tanaman Hias Gantung | Gambar: Tokolaris.id

Terakhir, Kamu bisa menambahkan hiasan dinding ruang tamu industrial dengan menggunakan tanaman hias. Hal ini dapat dilakukan untuk memberikan kesan menyegarkan pada ruangan. Hal ini tentunya akan mematahkan kesan monoton pada tangan. Pastikan kamu memilih jenis tanaman yang tepat untuk diletakkan pada ruang tamu dengan kesan menarik.

Dinding bukan lagi hanya sebagai pembatas ruangan, tetapi juga sebagai elemen desain yang penting dalam menciptakan atmosfer yang diinginkan. Dengan mengaplikasikan ide-ide hiasan dinding ruang tamu bergaya industrial, kamu dapat mengubah ruang tamu menjadi pusat perhatian yang memikat dan memancarkan karakter yang kuat. Jadikan setiap sudut ruang tamu sebagai gambaran dari gaya hidup dan lengkapi dengan furniture seperti tempat penyimpanan serbaguna, kursi minimalis dan meja ruang tamu dari Olymplast

authorRistyawan KautsarManages advertising on Facebook, Instagram, and marketplaces with 6 years of experience. Enjoys a relaxed bedroom aesthetic.
Editor : Hariz Nur Rohmad