Share

Rekomendasi Desain Kamar Anak Kecil Perempuan yang Bikin Betah

Bagas Pambudiantono • 20 Nov 2023

Dalam merancang kamar tidur anak perempuan, keseluruhan desain tidak hanya mencerminkan estetika visual, tetapi juga mempertimbangkan kenyamanan dan fungsionalitas. Dalam pembahasan kali ini menghadirkan beragam ide desain kamar anak perempuan yang tidak hanya memikat dengan keindahan visualnya, tetapi juga menciptakan ruang yang meningkatkan imajinasi dan mendukung perkembangan kreativitas si kecil.

Top 7 Desain Kamar Anak Kecil Perempuan

Mulai dari desain kamar yang didominasi warna putih hingga konsep ruang tidur yang menyatu dengan area bermain, setiap ide memiliki keunikan dan kelebihannya sendiri. Mari simak lebih lanjut cara-cara menciptakan lingkungan yang memikat dan mendukung perkembangan anak perempuan di dalam kamar tidurnya.

Kamar Didominasi Warna Putih

Kamar Didominasi Warna Putih
Kamar Didominasi Warna Putih

Jenis desain kamar anak kecil perempuan pertama yang bisa dijadikan bahan pertimbangan yakni kamar dominasi warna putih. Kamar ini menerapkan warna putih pada dinding, jendela, meja, keranjang, rak buku, pigura dan furniture lainnya. Hal ini cocok bagi kamu yang lebih mengutamakan kesan luas dan bersih.

Tidak hanya warna, kesan luas pada ruangan juga didukung dengan adanya dua jendela yang cukup besar pada satu dinding yang sama atau bersebelahan. Dengan begitu, ruangan yang terasa sempit pun akan lebih leluasa. Agar semakin nyaman, kamu bisa mendominasi lantai dengan penggunaan karpet bulu polos berwarna abu-abu terang.

Kamar dengan Area Duduk

Kamar dengan Area Duduk
Kamar dengan Area Duduk

Desain kamar anak kecil perempuan dinamis ini membuat si kecil nyaman. Anak bisa melakukan berbagai kegiatan hanya dalam satu ruangan mulai dari membaca, bersantai, tidur dan berjemur. Desain ini juga mengutamakan kesan luas karena terdapat tiga jendela pada dinding.

Di depan jendela, terdapat tempat duduk yang memenuhi sudut dinding sehingga anak bisa bersantai sambil menikmati pemandangan luar. Tidak lupa juga, keberadaan rak bukunya sangat membantu anak dalam mengakses ketika bersantai. Di bawah tempat duduknya, terdapat laci sebagai tempat penyimpanan. Selain putih, kamar juga dipercantik dengan warna soft brown dan pink.

Kamar Bergaya Industrial Modern

Kamar Bergaya Industrial Modern
Kamar Bergaya Industrial Modern

Jika kamu ingin desain kamar yang lebih fresh, gunakan gaya industrial modern. Gaya ini identik dengan ornamen bangunan dan material dari beton, besi dan kayu. Pada umumnya, konsep ini digunakan oleh café. Untuk kamar tidur perempuan, kamu bisa memadukan warna gelap soft seperti abu-abu, hitam dan pink.

Agar tidak terasa suram, berikan sentuhan kayu pada lantai dan furniture minimalisnya. Tempat tidurnya terbuat dari besi berwarna hitam dan bisa diletakkan di tengah kamar. Untuk mempercantik dinding, gunakan lukisan atau sticker minimalis yang berbentuk tetesan air. Lampu tumblr pun bisa ditambahkan melilit pada furniture tangga kecil.

Kamar Didominasi dengan Warna Ungu

Kamar Didominasi dengan Warna Ungu
Kamar Didominasi dengan Warna Ungu

Anak suka warna ungu? Kamu bisa memberinya kejutan dengan dekorasi kamar tidur yang didominasi dengan perpaduan berbagai shade warna ungu. Agar tidak monoton, kamu bisa menambahkan warna pink dan putih pada furniture. Si kecil akan tidur dengan nyenyak berkat sticker kupu-kupu berwarna ungu yang terbang ke atas.

Kamar ini dilengkapi dengan jendela yang cukup besar untuk memaksimalkan cahaya matahari yang masuk. Jika kamu memiliki laci, letakkan di depan ranjang. Meja kecil bisa diletakkan di sebelah tempat tidur yang berada di sudut ruangan. Selain itu, sofa dan pijakan kaki bisa diletakkan di sudut ruangan lainnya.

Baca Juga! 7 Tren Desain Kamar Tidur Minimalis, Ruangan Terasa Luas

Kamar dengan Sentuhan Pastel

Kamar dengan Sentuhan Pastel
Kamar dengan Sentuhan Pastel

Pilihan desain kamar anak kecil perempuan lainnya yakni dengan sentuhan pastel. Kamar satu ini didominasi oleh penggunaan warna pastel antara pink dan ungu. Bahkan, dindingnya pun dicat dengan warna pink paling terang dan dihias dengan stiker benda-benda luar angkasa berwarna merah muda lebih gelap.

Menariknya, desain ini terdiri dari berbagai laci yang tersusun sedemikian rupa dengan konsep level. Lacinya pun memiliki berbagai macam ukuran mulai dari yang terkecil, sedang hingga paling besar sehingga berbagai barang pun bisa disimpan di dalamnya dengan praktis dan efisien. Model lemarinya pun sama dengan laci hanya ukurannya saja yang berbeda.

Kamar ala Rumah-rumahan

Kamar ala Rumah-rumahan
Kamar ala Rumah-rumahan

Kamu bisa mengembangkan kemampuan imajinatif anak dengan mendekorasi kamarnya seperti rumah-rumahan. Hal ini ialah bagian dari kegiatan otak kanan yang mampu mendukung kecerdasannya. Dalam mengasah imajinatif, kamu bisa memanfaatkan tempat tidur berbentuk rumah.

Desain kamar anak dengan warna cerah membuat anak lebih ceria seperti pink, coklat dan abu-abu. Dalam pemilihan paletnya, usahakan menggunakan warna yang soft agar anak terasa nyaman dan tidur dengan pulas. Kamu bisa menambahkan gantungan bintang di atas tempat tidur.

Jendela besar berada di tengah dinding untuk mengoptimalkan cahaya matahari. Agar ruangan tampak lebih hidup, gunakan furniture minimalis yang sepadan atau selaras dengan konsep desain. Rak buku display bisa diletakkan dekat dengan tempat tidur agar kamu mudah mengambilnya ketika hendak membacakan buku untuk anak sebelum tidur.

Kamar Tidur dan Bermain

Kamar Tidur dan Bermain
Kamar Tidur dan Bermain

Ruang bermain yang menyatu dengan kamar tidur penting diciptakan karena tidak memakan banyak ruang. Desain kamar anak ini cocok bagi balita untuk mendukung kreativitas dan imajinasinya. Penataan mainannya pun diletakkan di sepanjang sisi dinding agar ruang tengahnya kosong.

Ruang kosong pada tengah ruangan pun bisa dimanfaatkan untuk meletakkan karpet berbulu agar si kecil dapat duduk dengan nyaman. Adapun jendelanya pun bisa digunakan sebagai tempat meletakkan furniture karena desainnya yang menjorok ke depan atau ke luar ruangan. Warna yang digunakan pun didominasi dengan pink pastel dan soft brown.

Dalam menciptakan desain kamar anak perempuan yang ideal, keseluruhan konsep haruslah mencerminkan kepribadian si kecil sambil tetap memperhatikan aspek kenyamanan dan keamanan. Setiap elemen desain, dari pemilihan warna hingga penempatan furniture, dapat menjadi faktor penentu dalam menciptakan ruang yang mendukung perkembangan anak.

Dengan memadukan kreativitas dan fungsionalitas, kamu dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi anak dengan menggunakan meja anak, kursi anak dan tempat penyimpanan serbaguna dari Olymplast. Jadi, mari temukan inspirasi dan ide-ide terbaik untuk menciptakan kamar tidur yang menjadi tempat impian bagi si kecil.

#Kamar Anak Minimalis #Kamar Anak Minimalis #Kamar Anak Perempuan #Kamar Anak Perempuan #Kamar Estetik #Kamar Estetik
Artikel Terkait