Share

6 Inspirasi Terbaru Desain Kamar Kost yang Cocok untuk Anak Rantau

Interior Enthusiast · 20 Oktober 2024

Bagi seorang mahasiswa atau pekerja yang sedang merantau, fasilitas yang paling dibutuhkan pasti kamar kost yang memberikan kenyamanan bukan? Sehingga rasa lelah beraktivitas seharian bisa terobati. Jika kamu berniat memulai bisnis kost, maka hal pertama yang sangat krusial adalah menentukan desain kamar kost agar disukai anak muda. Nah di bawah ini ada beberapa contoh referensinya.

Kamar Bernuansa Pastel

Desain Kamar Kost Bernuansa Pastel
Desain Kamar Kost Bernuansa Pastel | Gambar: Rukita.co

Ide desain untuk kamar kost pertama adalah ruangan dengan nuansa warna-warna pastel. Dimulai dari pemilihan cat warna dinding yang memadukan antara warna putih di salah satu sisi dan warna cokelat muda di sisi lainnya. Hal ini juga didukung dengan pemilihan warna pada berbagai macam furniture pendukung lain.

Paduan warna-warna pastel tersebut ternyata mampu memberikan kesan kamar yang sempit jadi terkesan lebih bersih. Ditambah lagi dengan penataan barang yang sesuai sehingga ruangan akan terlihat luas. Misalnya saja lemari minimalis berwarna cokelat muda di sudut ruangan. Cocok sekali untuk menyimpan baju dan keperluan lain dari calon penyewa kamar kost. Meja minimalis di bawah jendela bisa digunakan sebagai space untuk bekerja maupun belajar.

Jangan lupa untuk menambahkan beberapa hiasan di atas meja agar semakin estetik. Misalnya saja tanaman hias mini, atau foto keluarga. Meskipun hanya sebagai kamar kost, tempat ini juga yang akan jadi ruangan untuk bersantai dan melepas penat aktivitas seharian. Oleh sebab itu, penambahan satu sofa di sisi meja kerja sangat pas dan memberikan nilai plus tersendiri.

Kamar Minimalis Sederhana

Desain Kamar Kost Minimalis Sederhana
Desain Kamar Kost Minimalis Sederhana | Gambar: Rukita.co

Desain kamar kost yang satu ini termasuk cukup sederhana. Hanya ada beberapa furniture penting layaknya kamar kost pada umumnya. Beberapa di antaranya adalah lemari, meja kursi kerja dan kasur. Meskipun sederhana, pemilihan warna cat dinding berwarna pastel peach nude ini mampu memberikan kesan sebuah ruangan yang bersih dan luas.

Luas ruangan cenderung memanjang sehingga lebih cocok dengan kasur berukuran kecil. Sedangkan untuk pemilihan lemari sengaja dipilih ukuran yang lebih besar dengan model tiga pintu. Hal ini bertujuan supaya bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang dan juga pakaian penghuni kost nantinya. Dengan begitu ruangan akan tetap selalu bersih karena tidak ada barang yang berserakan di sembarang tempat.

Meja kerja di sini cenderung berukuran luas untuk memberikan kenyaman ketika belajar atau bekerja. Selain itu, di atas meja juga ditambahkan kabinet gantung. Nanti kabinet tersebut dapat digunakan untuk menyimpan beberapa barang. Misalnya saja penghuni kost adalah orang yang suka membaca, maka kabinet bisa dijadikan sebagai tempat menyimpan buku-buku kesayangan.

Kost Putih Abu

Desain Kamar Kost Putih Abu
Desain Kamar Kost Putih Abu | Gambar: Rukita.co

Ruangan dengan cat dinding berwarna putih memang tidak pernah gagal. Bagaimana tidak, warna tersebut bisa dengan mudah dipadukan dengan berbagai macam warna lainnya. Ide contoh kamar kost satu ini sangat cocok untuk kamu yang suka nuansa pastel dan monokrom. Sama seperti contoh gambar di atas kamu bisa menggunakan seprai berwarna putih untuk menghasilkan kesan yang bersih.

Lalu jangan lupa juga tambahkan selimut yang senada dengan seperti warna abu-abu. Sama seperti kamar kost lainnya, kurang rasanya apabila tidak ada meja sebagai tempat untuk bekerja atau belajar. Meja berwarna abu mungkin sulit untuk didapatkan oleh sebab itu warna kayu adalah opsi terbaiknya.

Di sebelah sisi bawah ada laci yang bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan. Penambahan tanaman hias mampu memberikan kesan lebih hidup. Selain itu, jangan lupa tambahkan warna abu-abu. Seperti halnya selimut kecil yang bisa digunakan untuk menghangatkan saat beraktivitas duduk.

Baca Juga! 8 Pilihan Desain Kamar Tidur Minimalis Ukuran 3×3, Hemat Ruang!

Pastel dan Monokrom

Desain Kamar Kost Pastel dan Monokrom
Desain Kamar Kost Pastel dan Monokrom | Gambar: Rukita.co

Sedikit berbeda daripada beberapa contoh sebelumnya. Ada dua konsep yang ada pada kamar satu ini yakni nuansa pastel dan monokrom. Nuansa pastel dapat dilihat dari pilihan warna cat dinding dan juga furniture pendukungnya.

Seperti meja, lemari, AC, hiasan dinding hingga warna seprainya. Namun supaya kamar semakin terlihat lebih hidup kamu bisa menambahkan aksen hiasan-hiasan lainnya dengan warna monokrom hitam putih. Seperti selimut kecil di atas kursi dan bantal.

Jenis pemilihan lemari dan mejanya juga cenderung minimalis. Sehingga tidak memakan tempat dan ruangan jadi terlihat lebih leluasa. Misalnya lemari memanjang di space kecil di antara tembok. Mejanya juga berukuran kecil sedang dengan laci sebagai tempat penyimpanan.

Konsep Suasana Hotel

Desain Kamar Kost Konsep Suasana Hotel
Desain Kamar Kost Konsep Suasana Hotel | Gambar: Rukita.co

Ketika dilihat secara sekilas, desain kamar kost satu ini lebih mirip seperti kamar hotel bukan? Ya hanya ada kasur berukuran besar, meja kursi kerja dan lemari menempel bersama dengan kabinet.

Jenis kamar kost kamar mandi dalam seperti ini sangat cocok untuk penyewa yang menginginkan fasilitas lengkap. Ruangan memang tidak terlalu besar namun perabot, ornamen, dan desainnya sangat pas. Penyewa pun leluasa melakukan aktivitas setelah pulang bekerja ataupun kuliah.

Pada kabinet lemari tersebut juga tampak ada meja yang nantinya bisa kamu gunakan juga sebagai meja kerja apabila meja satunya sedang digunakan. Selain itu, juga dapat dijadikan sebagai space untuk tempat makeup.

Pastel yang Cozy

Desain Kamar Kost Pastel yang Cozy
Desain Kamar Kost Pastel yang Cozy | Gambar: Rukita.co

Desain kamar yang terakhir ini bernama pastel cozy. Cozy yang dimaksud di sini cocok untuk ruangan kamar laki-laki maupun perempuan. Pasalnya pemilihan warna furnitur dan hiasan lain cenderung unisex bisa masuk ke segala gender.

Lemari besar di bagian pojok ruangan sangat pas sekali ukurannya untuk menampung pakaian dan barang lain yang tidak digunakan. Selain itu pemilihan meja kerja dengan laci terbuka juga sangat bagus untuk penyimpanan buku dan peralatan lainnya.

Tak lupa tambahkan kursi dengan bantalan empuk agar tetap nyaman saat diduduki dalam waktu yang lumayan lama. Warna netral dan earth tone juga masih dipilih sebagai warna dasar dari desain kamar ini.

Itulah berbagai inspirasi desain kamar kost yang bisa kamu tiru agar nyaman dan betah semakin lama. Oleh sebab itu, desain kamar kost harus dipilih dengan hati-hati. Nah, lengkapi juga kamar kost dengan lemari pakaian, kursi minimalist, nakas dan laci penyimpanan dari Olymplast yang bisa kamu beli di Mitra Olymplast terdekat dikotamu.

authorInterior Enthusiast Sharing knowledge about minimalist, modern, scandinavian and classic interior designs for all rooms in the house.
Editor : Exterior Enthusiast