Share

8 Gambar Contoh Desain Kamar Tidur Minimalis yang Bikin Nyaman

Bagas Pambudiantono · 03 Juni 2024

Kamar tidur minimalis semakin diminati karena kesederhanaannya dan kemampuannya menciptakan ruang yang nyaman tanpa harus berlebihan. Konsep minimalis ini sangat cocok bagi kamu yang menginginkan ruang tidur yang fungsional namun tetap estetis. Dengan pendekatan yang tepat, kamar tidur minimalis dapat menjadi tempat istirahat yang tenang dan menenangkan, tanpa mengorbankan gaya dan keindahan.

Desain Kamar Tidur

Mulai dari kamar dengan nuansa asri hingga kamar bergaya modern zen, setiap desain menawarkan keunikan tersendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan preferensi pribadi. Dengan mengikuti ide-ide ini, kamu bisa menciptakan kamar tidur yang tidak hanya minimalis tetapi juga memancarkan kenyamanan dan keindahan.

1. Kamar Tidur Asri

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Grey Pink
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Earth Tone | Gambar: Vistaconcepts.com

Bagi kamu yang ingin mendapatkan tampilan kamar tidur yang asri dan memanjakan mata, desain kamar tidur minimalis asri ini patut diterapkan. Dengan pemilihan warna hijau dan kuning, kamar tampak semakin cerah, cantik dan tidak membosankan. Gunakan kayu pada lantai untuk memberikan kesan nyaman dan eksotis.

Tidak lupa untuk menambahkan aksen dari beberapa furniture seperti rak buku. Jika ingin menampilkan panorama depan rumah, gunakan jendela yang lebar dan tambahkan kursi panjang di depannya. Dengan begitu, kamu bisa bercengkrama sambil menikmati lanskap depan rumah.

2. Kamar Tidur Modern

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Tidur Modern
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Tidur Modern | Gambar: Decorpot.com

Ingin kamar tidur modern? Kamu bisa melakukan permainan warna dengan memadukan berbagai shade warna favorit. Contohnya, warna abu-abu mulai dari abu terang, abu agak gelap hingga abu gelap. Padukan juga dengan warna hitam dan putih sebagai warna kontras pada ruangan.

Agar tidak tampak monoton, tambahkan furniture bergaya seperti lampu hias dan lampu gantung. Adapun lampu hias ditempelkan pada dua sisi kasur agar tampak simetris. Sementara itu, chandelier berada di tengah ruangan sebagai focal point yang serasi dengan ranjang. Gunakan sarung bantal bertekstur untuk menghidupkan suasana.

3. Kamar Grey Pink

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Tidur Modern
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Tidur Modern | Gambar: Decorpot.com

Desain kamar tidur minimalis grey pink cocok diterapkan bagi kamu yang suka feminism energy tetapi tidak terlalu girlish. Warna pink dapat diterapkan pada salah satu dinding sedangkan dinding lain berwarna pink lebih terang. Pink paling gelap digunakan sebagai latar belakang ranjang agar keberadaan tempat tidur semakin menonjol.

Adapun ranjangnya memadukan warna abu-abu dan putih pada sprei, sarung bantal, selimut dan kepala ranjang. Agar terasa segar, tambahkan aksen tanaman hijau di kedua sisi ranjang. Berbeda dengan sebelumnya, lampu gantungnya berada di sisi kanan ranjang saja. Posisikan karpet bundar berwarna hijau keabu-abuan di tengah ruangan bawah kasur.

4. Kamar Earth Tone

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Tidur Asri
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Tidur Asri | Gambar: Houzz.com

Warna earth tone memang ampuh menghadirkan nuansa yang menenangkan sehingga membuat pemilik betah berlama-lama di dalamnya seharian. Pengalaman istirahat pun menjadi semakin maksimal dan berkualitas. Kamu bisa menerapkan desain kamar tidur sederhana ini dengan menghadirkan nuansa soft.

Mulai dari warna sage green pada salah satu dinding, coklat pada kaca, selimut, kursi gantung dan dekorasi. Lampu hiasnya juga menawan dengan warna coklat pada bahan kayu sehingga tampak natural. Kamu bisa menambahkan dekorasi sesuai preferensi seperti tanaman, motif bantal yang abstrak dan tirai.

Baca Juga! 6 Jenis Furniture yang Wajib Ada di Kamar Tidur

5. Kamar Serba Putih

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Serba Putih
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Serba Putih | Gambar: Havenly.com

Desain kamar sederhana satu ini cocok bagi penggemar warna putih dan ingin tampilan kamar yang simpel. Kamu hanya perlu menerapkan warna putih sebagai warna dominasi ruangan. Warna netral ini bisa dipilih pada sprei, selimut, karpet, tirai, dinding dan lampu tidur.

Agar tidak terasa membosankan, kamu bisa bermain warna dengan menambahkan warna coklat pada bantal. Bisa dibilang bahwa kamar serba putih ini juga dikombinasikan dengan nuansa earth. Hal ini dapat ditunjukkan dari sentuhan kayu pada kursi kayu dan rak. Kursi kayu mini ini diletakkan di depan ranjang sedangkan rak berada di sisi kanannya.

Perlu diketahui bahwa memiliki kamar serba putih memiliki banyak keuntungan. Selain membuat tidur lebih nyenyak, kamar juga memiliki kesan positif sehingga menjaga pikiran tetap segar. Selain itu, warna netralnya mampu membantu meningkatkan pencahayaan alami.

6. Kamar Modern Monokrom

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Modern Monokrom
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Modern Monokrom

Seperti yang diketahui bahwa kamar minimalis lebih mengutamakan warna netral seperti hitam dan putih. Salah satu tema desain yang cocok yakni gaya monokrom yang memadukan warna hitam putih pada setiap detail dekorasi dan unsur furniturnya. Kabar baiknya, tema ini memudahkanmu memilih warna karena tidak perlu takut bertabrakan.

Bahkan, kombinasi warnanya mampu melengkapi desain dengan sederhana dan elegan meski hanya mengandalkan warna hitam, putih dan abu-abu. Selain itu, penggunaan kombinasi warna tersebut mampu memberikan kesan hangat dan bersih pada ruangan. Menariknya, tema desain ini bisa digunakan baik untuk wanita dan laki-laki.

7. Kamar Modern Zen

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Modern Zen
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Modern Zen | Gambar: Decoist.com

Bosan dengan gaya kamar yang itu-itu aja? Tempat tidur sederhana dengan sentuhan Zen khas Jepang jawabannya. Konsep ini mulai menarik perhatian banyak orang terutama warga kota besar yang sibuk. Sebab, konsep Jepang identik dengan kedamaian dan ketenangan dengan menggunakan warna putih polos yang mendominasi.

Perlu diketahui bahwa Zen merupakan salah satu ajaran Buddha yang berarti meditasi untuk memperoleh pencerahan. Konsep ini mengutamakan kesederhanaan yang sejalan dengan spiritual sehingga dapat diterapkan di segala aspek termasuk interior. Adapun interior yang digunakan tidak rumit karena mengutamakan esensi material seperti kayu pada meja atau kursi.

Kamu bisa meningkatkan mood dengan memadukan warna hangat yang memancarkan energi positif di dalam kamar. Beberapa pilihan warnanya yakni krem, biru, dan tosca. Tambahkan sentuhan tanaman hias untuk membersihkan udara sekaligus menyegarkan mata.

8. Kamar Tidur Fungsional

Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Modern Zen
Desain Kamar Tidur Minimalis Kamar Modern Zen | Gambar: Decoist.com

Kamar tidur fungsional ini sempurna diterapkan khususnya bagi pelajar, mahasiswa atau pekerja kantoran. Meski ruangan kecil, kamu bisa memanfaatkan setiap space untuk dijadikan sebagai tempat menyimpan barang. Fokus utama desain kamar ini yaitu tempat belajar yang diletakkan menghadap dinding dan berada di sisi ranjang.

Untuk mengisi dinding yang kosong, tempelkan rak buku dan papan. Ranjang yang digunakan pun juga mengutamakan sisi fungsional dan praktis dengan adanya rak di bawah sehingga kamu bisa mengisinya dengan barang-barang pribadi. Sementara itu, di sisi meja, terdapat lemari pakaian yang tinggi.

Dengan mengaplikasikan salah satu dari delapan desain kamar tidur minimalis ini, kamu dapat mengubah kamar tidur menjadi ruang yang lebih nyaman dan estetik. Setiap desain dirancang untuk memenuhi kebutuhan fungsional, lengkapi juga dengan furnitur lemari pakaian plastik, tempat penyimpanan serbaguna, divan plastik, kursi minimalis dan keranjang pakaian dari Olymplast. Semoga inspirasi ini membantu kamu menciptakan kamar tidur impian yang sederhana namun menawan.

authorBagas PambudiantonoHandles advertising for Meta Marketplace and creates content on Furniture topics. Prefers minimalist and modern design.
Editor : Hariz Nur Rohmad